Rabu 27 Jan 2021 13:16 WIB

Ambroncius Ditahan, Situasi Papua Kondusif

Ambroncius telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan terkait kasus rasialisme.

Warga melintas di depan mural bertema Anti Rasisme di Jalan Raya Bogor, Cilodong, Depok, Jawa Barat. Belakangan muncul isu rasialisme terhadap mantan Komisioner HAM, Natalius Pigai yang dilakukan oleh tersangka Ambroncius Nababan. (ilustrasi)
Foto:

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Polisi Adam Erwindi menyampaikan situasi Papua, khusus Papua Barat kondusif.

"Sampai saat ini, papua barat aman terkendali. Tidak ada aktivitas masyarakat yang mengganggu Kamtibmas, masyarakat beraktivitas seperti biasa," ujar Adam Erwindi saat dihubungi melalui pesan singkat, Rabu (27/1).

Memang, Adam Erwindi mengakui, sempat tersiar kabar akan ada aksi turun ke jalan untuk menanggapi aksi rasialis yang dilakukan oleh Ketua Relawan Pro Jokowi Amin (Projamin) tersebut. Kasus rasialisme Ambroncius sendiri sempat dilaporkan ke Polda Papua Barat oleh Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Papua Barat Sius Dowansiba. Namun, laporan dengan nomor LP/17/I/2021/Papua Barat dilimpahkan ke Bareskrim Polri.

"Memang dua hari lalu sempat ada isu ajakan turun ke jalan tapi karena sudah ditangani Polri (Bareskrim) sehingga para tokoh dan masyarakat memercayakan kasus ujaran kebencian ini kepada Polri," ungkap Adam Erwindi.

Senator asal Papua, Filep Wamafma, meminta agar perbuatan rasialis Ambroncius diproses tuntas. Filep juga khawatir, jika negara tidak bertindak, gejolak sosial penolakan dari masyarakat Papua akan terjadi seperti kasus rasisme Surabaya sebelumnya.

“Inilah saatnya negara memperlihatkan keberpihakannya kepada semua masyarakat Indonesia, bahwa siapa pun yang melanggar hukum harus segera ditindak. Apalagi, sikap Ambroncius I.M Nababan ini sudah di luar batas kewajaran," tegas Filep.

Pemerintah Provinsi Papua mengimbau masyarakat Bumi Cenderawasih untuk tidak terprovokasi isu rasialisme yang belakangan marak diperbincangkan. Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi Papua Jery Yudianto kepada di Jayapura, Selasa (26/1) mengatakan, masyarakat diminta untuk tenang dan bersabar.

"Masyarakat Papua diharapkan dapat bersikap sabar dan tidak mudah diprovokasi," ucapnya.

Menurut Jery, masyarakat juga dapat lebih bijak menggunakan media sosial, khususnya terkait isu rasisme tersebut. "Mari kita serahkan penanganan kasus rasisme ini kepada pihak yang berwajib," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement