Sabtu 23 Jan 2021 11:24 WIB

TNI AL Berangkatkan KRI Banda Aceh Angkut Bantuan

KRI Banda Aceh mengangkut bantuan untuk bencana di Kalsel dan Sulbar.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ratna Puspita
Pangkolinlamil Laksamana Muda TNI Irvansyah (kedua kanan) mengamati kardus yang berisi bantuan dari Jalasenastri untuk korban bencana alam yang akan diberangkatkan menggunakan KRI Banda Aceh-593 dari Dermaga JICT, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (22/1/2021). Pengurus Jalasenastri mengirimkan bantuan berupa sembako, pakaian layak pakai, peralatan mandi hingga peralatan makan bagi korban bencana alam di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan Mamuju, Sulawesi Barat seberat lima ton.
Foto:

Sebelumnya, TNI AL sudah memberangkatkan KRI Teluk Cirebon-543 yang mengangkut 150 ton bantuan. Bantuan tersebut diberangkatkan untuk masyarakat korban bencana gempa di Sulawesi Barat. 

"Bantuan ini akan dibawa oleh KRI Teluk Cirebon-543, nomor lambung 543, akan berlayar ke Mamuju lebih kurang selama tiga hari 10 jam," ujar Irvansyah di Dermaga Beaching, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (20/1). 

Kapal yang berangkat dengan 50 orang anak buah kapal tersebut membawa kurang lebih 150 ton bantuan. Bantuan-bantuan tersebut terdiri dari berbagai makanan dan barang yang memang dibutuhkan oleh masyarakat terdampak gempa bumi pada Kamis (14/1) dini hari tersebut. 

"Ada beras, mie instan, sarden, susu, ada biskuit, pampers, kasur, selimut, air mineral, sarung. Semua barang ini kondisi baru, belum expired. Sudah kita periksa. Kita tidak bawa barang bekas, kita bawa barang baru, plastikan semua," jelas dia. 

Setelah berlayar selama tiga hari 10 jam, KRI Teluk Cirebon akan bersandar di Dermaga Lanal Mamuju. Bantuan dari TNI AL yang mereka angkut kemudian akan disalurkan di Posko TNI AL di sana. Sementara bantuan dari pihak lain yang turut dibawa akan diserahkan kepada perwakilan yang sudah ada di sana. 

"Sebagian di instansi lain yang sudah punya perwakilannya di Mamuju atau posko di sana. Mereka sudah siap untuk menyambut barang bantuan masing-masing," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement