Kamis 21 Jan 2021 17:19 WIB

Antisipasi Banjir, Anies Sebut Siagakan 487 Pompa Stasioner

Intensitas curah hujan di Ibu Kota akan meningkat dalam beberapa hari ke depan.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Agus Yulianto
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan keterangan kepada wartawan.
Foto:

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, berdasarkan data yang ada, intensitas curah hujan di Ibu Kota akan meningkat dalam beberapa hari ke depan. Ariza pun meminta seluruh masyarakat untuk waspada dan bersiap menghadapi potensi banjir yang akan terjadi di sejumlah wilayah Jakarta.

"Di Jakarta sudah memasuki musim hujan, kita juga harus bersiap-siap bahwa di Jakarta ini berdasarkan data ke depan akan ada peningkatan intensitas daripada curah hujan yang berpotensi menyebabkan banjir," kata Ariza di Balai Kota DKI, Senin (18/1).

Ariza mengungkapkan, untuk mengantisipasi terjadinya banjir, Pemprov DKI Jakarta pun telah melakulan sejumlah tindakan. Di antaranya adalah melakukan pengerukan sungai, membuat sumur resapan, drainase vertikal, hingga penyediaan pompa air.

"Semua program kita laksanakan, bahkan anggaran sudah cukup besar yang kita gelontorkan," tutur dia.

Di sisi lain, dia juga meminta masyarakat agar semakin sadar menjaga kebersihan lingkungan. Ariza mengimbau, kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, selalu menerapkan hidup bersih dan sehat, yakni dengan rutin membersihkan lingkungan serta saluran air untuk mencegah banjir. 

 

Menurut dia, upaya pencegahan banjir yang dilakukan oleh pemerintah akan lebih maksimal jika ada dukungan dari masyarakat. "Namun demikian, kesadaran masyarakat untuk tetap waspada menjaga kebersihan, jangan buang sampah sembarangan, dan lain-lain tetap kita laksanakan dengan baik," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement