Kamis 21 Jan 2021 13:02 WIB

10 Bulan Pandemi, Nakes Mulai Jenuh dan Lelah

Tekanan yang cukup berat pun dirasakan oleh nakes yang bekerja di lapangan.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Agus Yulianto
Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo (kiri) didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih (kedua kanan) meninjau kesiapan Fasilitas Kesehatan (Faskes) untuk vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Pembantu Semanggi, Solo, Jawa Tengah, Rabu (13/1/2021). Pemerintah Kota Solo akan melakukan vaksinasi COVID-19 tahap pertama pada 14 Januari dengan menunjuk 33 Faskes yang terdiri dari 17 Puskesmas, satu Klinik Bhayangkara dan 14 rumah sakit.
Foto:

Karenanya, Siti merasa sebagai orang tua menguatkan para nakes agar tetap semangat dalam menangani pasien Covid-19. Dia juga menyebut, selama ini Pemkot melakukan penanganan secara maksimal bagi warga yang terpapar Covid-19. 

Termasuk pasien tanpa gejala yang melakukan isolasi mandiri. Jika diketahui rumah pasien tersebut tidak layak untuk isolasi mandiri, maka Pemkot segera membawa ke rumah karantina orang tanpa gejala (OTG) di Asrama Haji Donohudan.

Di sisi lain, sebagian nakes di Solo sudah menerima vaksinasi Covid-19. Pemkot Solo mulai melaksanakan vaksinasi dosis pertama bagi nakes sejak 14 Januari 2021. Totalnya, ada 12 ribu lebih nakes di Solo. Ada 33 fasilitas kesehatan (faskes) tang ditunjuk untuk menyelenggarakan vaksinasi.

 

Pemkot berupaya mempercepat pelaksanaan vaksinasi agar segera selesai. Starteginya, nantinya setiap nakes menjadi tanggung jawab faskes masing-masing. Sedangkan nakes yang bekerja di klinik, praktek mandiri maupun apotek menjadi tanggung jawab puskesmas setempat. "Mudah-mudahan pekan depan sudah selesai vaksinasi dosis pertama," harapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement