Rabu 20 Jan 2021 12:37 WIB

Delapan Komitmen Calon Tunggal Kapolri

Calon Kapolri Listyo Sigit akan kedepankan penegakan hukum yang tegas namun humanis.

Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz bersama Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat tiba di pintu masuk Gedung Nusantara II DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (20/1). Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjalani uji kelayakan dan kepatutan dengan Komisi III DPR yang merupakan calon tunggal yang diajukan Presiden Joko Widodo sebagai Kapolri untuk menggantikan Jenderal Pol Idham Aziz yang akan memasuki masa pensiun pada awal bulan depan.Prayogi/Republika.
Foto:

Di samping itu, ia memastikan bahwa internal Polri solid, meski dia disebut melangkahi angkatan seniornya. Untuk membuktikan kesolidan tersebut Listyo mengajak sejumlah petinggi Polri mendampinginya.

"Dalam kegiatan uji kelayakan ini kami laporkan bahwa kami didampingi oleh bapak Wakapolri, bapak Kabarpolri, bapak Kalemdiklat Polri, Kadiv Propam, kemudian Kapolda Aceh, Kapolda Sulut, kemudian ada ibu Ida Utari, kemudian junior kami Harisonta Kapolres, kemudian staf kami dan dua operator," kata Listyo.

Listyo mengatakan kehadiran pejabat Polri lintas generasi tersebut menunjukan bahwa institusi Polri tetap solid. "Mohon izin bapak, yang hadir mendampingi kami ini susunannya adalah urutan senior mulai dari (angkatan) 87, 88, 89, 90. Kami sendiri 91 beserta letting kami. Dan adik-adik kami. Jadi mohon ini bahwa saat ini Polri Solid, pak," kata Listyo.

Jika diamanatkan menjadi Kapolri, ia memastikan tetap mewujudkan rasa keadilan. Serta membuat Polri menjadi instansi yang lebih baik dan transparan dalam setiap kerjanya.

"Penegakan hukum harus dilakukan secara tegas, namun humanis. Saat ini masyarakat perlu penegakan hukum yang menegakan rasa keadilan bagi masyarakat," ujar Listyo Sigit.

Kapolri Jenderal Idham Azis turut mengantar Listyo menjalani uji kepatutan dan kelayakan. Senada dengan Listyo, Idham menegaskan bahwa internal Polri saat ini solid. Selain itu dia juga menegaskan bahwa regenerasi di tubuh institusi Polri berjalan baik.

"Ini saya lakukan untuk memberi pelajaran kepada generasi Polri bahwa pergantian kepemimpinan Polri itu adalah suatu keniscayaan untuk memberi gambaran bahwa institusi Polri regenerasinya berjalan dengan baik dan mulus," kata Idham di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (20/1).

photo
Kabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah) bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021). Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo merupakan calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo ke DPR untuk menggantikan Jenderal Pol Idham Aziz yang memasuki masa pensiun. - (Antara/Galih Pradipta)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement