Selasa 19 Jan 2021 13:25 WIB

Jokowi: Gedung Pemda Sulbar Roboh Segera Dibangun Kembali

Jokowi mengatakan gedung pemerintah daerah yang rusak akibat gempa dibangun lagi.

Rep: Dessy Suciati Saputri    / Red: Bayu Hermawan
Presiden Jokowi meninjau Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang mengalami kerusakan karena gempa di Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Selasa (19/1).
Foto:

Untuk rumah yang mengalami kerusakan berat, pemerintah akan memberikan bantuan dana pembangunan sebesar Rp 50 juta. Sedangkan untuk rumah dengan kerusakan sedang sebesar Rp 25 juta dan rumah yang mengalami kerusakan ringan mendapatkan bantuan sebesar Rp 10 juta.

Presiden berharap, dengan pemberian bantuan ini dapat mendorong pemulihan ekonomi dan juga mempercepat pemulihan layanan pemerintahan di Provinsi Sulawesi Barat.

“Kita harapkan dengan bantuan dari pemerintah pusat, pemulihan kembali baik rumah-rumah yang roboh maupun pemulihan ekonomi, pemulihan pelayanan di pemerintahan di birokrasi juga akan kembali normal,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga menyampaikan rasa dukacita terhadap para korban yang meninggal dunia. Bencana gempa bumi ini menyebabkan korban jiwa hingga 80 orang.“Semoga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan kesabaran,” ucapnya.

Saat peninjauan dampak bencana, Presiden tampak didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Sulawesi Barat Andi Ali Baal Masdar, dan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Idris.

Gempa bumi terjadi pada Jumat (15/1) pukul 01:28 WIB di Majene dengan magnitudo 6,2. Gempa tersebut merupakan rangkaian gempa yang terjadi pada Kamis (14/1) dengan magnitudo 5,9 pukul 13:35 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement