Kamis 02 May 2024 17:50 WIB

Peringati HPN, Gubernur Sugianto Launching Program 1.000 Rumah Guru Berkah DP Nol Persen

Gubernur Kalteng juga launching penyaluran Tabungan Beasiswa Berkah.

Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran meluncurkan Program 1.000 Rumah Guru Berkah DP 0 persen serta dan penyaluran Tabungan Beasiswa Berkah (TABE) untuk mahasiswa tidak mampu dan yang akan menyelesaikan tugas akhir.
Foto: dok Pemprov Kalteng
Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran meluncurkan Program 1.000 Rumah Guru Berkah DP 0 persen serta dan penyaluran Tabungan Beasiswa Berkah (TABE) untuk mahasiswa tidak mampu dan yang akan menyelesaikan tugas akhir.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran meluncurkan Program 1.000 Rumah Guru Berkah DP nol persen serta dan penyaluran Tabungan Beasiswa Berkah (TABE) untuk mahasiswa tidak mampu dan yang akan menyelesaikan tugas akhir.

Peluncuran program tersebut disatukan dengan acara Halal Bihalal yang dilaksanakan di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (2/5/2024). Selain itu meluncurkan Program Kartu Tani Berkah untuk petani di Kalteng.

Gubernur mengatakan untuk mewujudkan SDM Kalteng yang berkarakter unggul, pemerintah provinsi sangat memperhatikan sektor pendidikan, baik melalui sarana prasarana sekolah maupun pemberian beasiswa.

“Dalam tiga tahun terakhir, bantuan sosial pendidikan atau beasiswa terus meningkat signifikan. Di samping itu, kita juga merencanakan pembangunan universitas dan sekolah unggulan,” ujar Sugianto.

Ia mencontohkan untuk TABE, pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp 98.347.500.000 untuk kategori mahasiswa tidak mampu dan yang akan menyelesaikan tugas akhir sebanyak 13.113 orang. "Mereka masing-masing akan mendapatkan Rp 7,5 juta," ungkap Sugianto.

Orang nomor satu di Kalteng itu mengungkapkan, pembangunan Kalteng diprioritaskan pada sektor infrastuktur, pendidikan, kesehatan, dan perekonomian dalam arti luas (hilirisasi dan pengembangan Kawasan Sentra Produksi Pangan), yang manfaatnya diharapkan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

photo
Untuk Program Kartu Tani Berkah dialokasikan bagi 49.308 petani Kalteng yang masing-masing petani akan mendapatkan Rp 500 ribu. - (Dok Pemprov Kalteng)

 

"Saya mengajak seluruh elemen masyarakat, mari kita terus jaga kerukunan, keharmonisan, dan persatuan di Kalimantan Tengah, yang akan menjadi pondasi utama dalam menyukseskan berbagai agenda besar pembangunan di Kalimantan Tengah," tandasnya.

Selain launching Program 1.000 Rumah Guru Berkah DP 0 persen dan Penyaluran Tabungan Beasiswa Berkah (TABE), Gubernur juga menyerahkan Kartu Tani Berkah dan Program Optimasi Lahan. Untuk Program Kartu Tani Berkah dialokasikan bagi 49.308 petani Kalteng yang masing-masing petani akan mendapatkan Rp 500 ribu.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur juga menyerahkan bantuan lainnya seperti penguat sinyal untuk 50 SMA/SMK se-Kalteng sebesar Rp 3.000.000.000, bantuan TV Interaktif 120 unit untuk SMA/SMK se-Kalteng sebesar Rp 17.840.000.000, bantuan papan tulis interaktif untuk 95 SMA/SMK se-Kalteng sebesar Rp 19.000.000.000, dan bantuan panel surya untuk 30 SMA/SMK se-Kalteng sebesar Rp 3.000.000.000.

Nampak hadir Ketua TP PKK Prov Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo, Sekretaris Daerah Prov Kalteng H Nuryakin beserta istri Hj Anitha Nuryakin, unsur Forkopimda, Bupati/Pj Bupati dan Pj Wali Kota se-Kalteng beserta jajaran serta undangan lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement