Senin 18 Jan 2021 20:10 WIB

Puluhan Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang di Cianjur

Pohon tumbang menyebabkan akses beberapa desa tertutup di Cianjur

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pohon tumbang (ilustrasi). Bencana angin kencang dan guyuran hujan es melanda Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur Senin (18/1) sore. Dampaknya puluhan pohon tumbang yang berakibat pada tertutupnya akses jalan bagi warga di beberapa desa.
Foto:

Irvan mengungkan, pada waktu bersamaan juga terjadi angin kencang di kawasan hutan pinus. Hal ini menyebabkan puluhan pohon pinus tumbang dan menutup jalan utama di tiga desa.

Hal tersebut karena jalan yang tertutup pohon merupakan akses satu-satunya bagi warga. Tiga desa yang terdampak yakni Girimukti, Girijaya, dan Padamulya.

"Jalan tersebut satu-satunya akses bagi warga dan sekarang untuk sementara tidak bisa dilalui," kata Irvan. Selain menutup jalan, terdapat pohon yang tumbang dan penimpa atap rumah warga dan kini masih dilakukan pendataan terkait jumlah rumah warga yang terdampak.

Petugas kata Irvan, berupaya membuka akses jalan yang tertutup sementara dengan ditangani secara manual. Hal ini sambil menunggu alat berat dan alat pemotong dari dinas terkait Pemda Cianjur.

 

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Irfan Sopyan, menerangkan, saat ini petugas BPBD sudah dikerahkan ke lokasi kejadian. "Kami menurunkan relawan di tingkat kecamatan dan desa untuk melakukan penanganan darurat," cetus dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement