Kamis 18 Apr 2024 17:27 WIB

Hujan Petir Diprediksi Landa Kubu Raya Hingga Ahad

Pada Sabtu mendatang diperkirakan hujan mengguyur Kubu Raya dari siang hingga malam.

Suasana di kawasan Taman Alun-Alun Kapuas yang diselimuti awan gelap dan cuaca mendung di Pontianak, Kalimantan Barat.
Foto: ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang
Suasana di kawasan Taman Alun-Alun Kapuas yang diselimuti awan gelap dan cuaca mendung di Pontianak, Kalimantan Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, KUBU RAYA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pontianak, Kalimantan Barat memperingatkan hujan petir masih berpotensi terjadi di Kubu Raya hingga Ahad (21/4/2024).

 

Baca Juga

"Untuk besok, kami prakirakan untuk beberapa wilayah di Kalimantan Barat masih berpeluang terjadi hujan," ujar Prakirawan BMKG Supadio Pontianak Ade di Sungai Raya, Kamis (18/4/2024).

 

Diperkirakan kelembapan udara pada Jumat besok mencapai 60 hingga 100 persen dengan kecepatan angin mencapai 10 km/jam. BMKG Supadio Pontianak juga mengimbau masyarakat waspada dengan adanya potensi terjadinya hujan petir dan angin kencang.

 

Pada Sabtu mendatang diperkirakan hujan akan mengguyur Kabupaten Kubu Raya dari siang hingga malam hari dengan intensitas ringan hingga sedang. Hujan berpotensi adanya petir atau kilat serta angin kencang pada malam harinya.

 

"Waspada potensi hujan yang disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat," ujarnya.

 

Prakiraan angin pada ketinggian 3.000 kaki menunjukkan secara umum angin bertiup dari arah timur dengan kecepatan berkisar 4 knots. Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir ini mengakibatkan beberapa daerah di Kalimantan Barat, seperti di Kabupaten Landak dan Kapuas Hulu mengalami banjir.

 

Banjir merendam rumah warga dan pertokoan, serta membuat akses jalan antarkabupaten tergenang air hingga 40 cm dan mengakibatkan arus transportasi terhambat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement