Jumat 15 Jan 2021 05:57 WIB

Wapres: Difabel Masih Kesulitan Akses Hak Warga Negara

Pemerintah daerah perlu mendukung optimal program inklusi bagi difabel.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Friska Yolandha
Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta Pemerintah Daerah mendukung terwujudnya program program inklusi bagi penyandang disabilitas. Menurut Wapres, ini penting untuk memastikan penyandang disabilitas dapat memperoleh hal-hal yang sama ssebagai warga negara.
Foto:

Apalagi Dialog Indonesia Inklusif pada hari ini sekaligus juga memperingati tiga momentum penting lainnya yaitu Hari Disabilitas Internasional, Hari HAM Internasional dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN). 

"Saya berharap tiga momentum tersebut dapat menjadi semangat kita bersama dalam mempromosikan nilai-nilai inklusi, serta penerimaan dan penghargaan terhadap kapasitas difabel diberbagai bidang pembangunan untuk mencapai Indonesia Inklusif 2030," ungkapnya.

Wapres menekankan upaya ini harus dimulai dari lingkungan terdekat, yakni keluarga dan lingkungan di sekitar kita. Begitu juga desa, sebagai pemerintahan yang terdekat dengan masyarakat, diharapkan agar dapat menjadi desa inklusi. 

 

"Melalui Gerakan inklusi dari desa diharapkan para pihak dapat berperan dan mambantu memberikan edukasi dan mendorong kesadaran bagi setiap anggota masyarakat akan pentingnya perlindungan terhadap hak-hak masyarakat penyandang disabilitas," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement