Selasa 12 Jan 2021 14:24 WIB

Apresiasi Vaksinasi Covid-19, Sekjen GMNI Siap Jadi Relawan

Sekjen GMNI menyatakan siap jadi relawan vaksinasi Covid-19

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), M Ageng Dendy Setiawan, menyatakan siap jadi relawan vaksinasi Covid-19
Foto: Dok Istimewa
Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), M Ageng Dendy Setiawan, menyatakan siap jadi relawan vaksinasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), M Ageng Dendy Setiawan, merespons baik vaksinasi Covid-19 oleh pemerintah, dalam rangka mencegah penularan virus, di tengah meningkatnya kasus positif. 

Menurutnya Dendy, begitu akrab disapa, selain mencegah penularan, program vaksinasi ini tentu membawa angin segar bagi kondisi sosial dan ekonomi saat ini.   

Baca Juga

Artinya, kata dia, dengan adanya vaksin yang nantinya lolos uji BPOM, dapat memberi kepercayaan bagi masyarakat, bahwa pencegahan secara medis bisa dilakukan. 

“Khususnya dalam meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga penyebaran virus dapat diminimalkan, serta akan menambah dampak positif terhadap bangkitnya ekonomi dari pandemi," katanya.  

Meski begitu, lanjut Dendy, bukan berarti masyarakat harus menganggap sepele virus. Penyebaran juga harus terus diantipasi. Upaya pencegahan selain dari vaksin wajib dilaksanakan.   

"Misalnya, tetap melaksanakan segala kegiatan dengan protokol kesehatan. Menerapkan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Di samping pemerintah juga tetap melaksanakan 3T (tracing, testing, dan treatment)," jelasnya. 

Terhadap vaksinasi, Dendy mendukung program tersebut, dan siap untuk divaksinasi sebagain upaya meyakinkan pada generasi muda pentingnya vaksin. Ini dalam rangka mendukung pencegahan penularan virus corona.   

Diketahui, ada empat tahap pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Empat tahap tersebut memiliki sasaran yang berbeda untuk setiap tahapan. 

Tahap I, pelaksanaannya Januari-April 2021 sasarannya tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang, serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan.  

Sementara untuk sasaran masyarakat umum masuk tahap IV. Yang rencananya akan dilaksanakan mulai April 2021-Maret 2022.  

"Tentu saya menyambut baik program vaksinasi ini, dan saya secara pribadi siap jadi relawan uji vaksin untuk yakinkan pemuda terkait pentingnya vaksin, ini dalam rangka mendukung setiap langkah dan upaya pencegahan penularan Covid-19," tuturnya.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement