Ahad 10 Jan 2021 18:30 WIB

Curhat Megawati ke Jokowi, Mimpi Cari Data Bak Youtube

Megawati sebut persoalan data dari kemerdekaan hingga sekarang belum tuntas.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Megawati saat peringatan Hari Ulang Tahun ke-47 PDIP, yang diadakan secara live streaming virtual di Jakarta, Ahad (10/1).
Foto:

Untuk itu, ia menginginkan agar adanya data tunggal yang menjadi rujukan kementerian atau lembaga dalam menjalankan program kerjanya. Harapannya, ini juga dapat diterapkan oleh pemerintah daerah dalam membangun wilayahnya. Termasuk desa yang diinginkannya menjadi pondasi ekonomi Indonesia.

"Sekali lagi, pendataan tersebut harus dimulai dari desa. Dengan melibatkan partisipasi warga agar mampu menggambarkan secara nyata kondisi dan kebutuhan rakyat yang sesungguhnya, memetakan potensi ekonomi desa," ujar Presiden ke-5 Republik Indonesia itu.

Demi mewujudkan kemajuan desa, ia juga mendorong seluruh pengurus, kader, dan simpatičan PDIP untuk merumuskan politik legislatif, anggaran, dan pengawasan. Untuk mewujudkan pembangunan desa yang demokratis, terukur, terencana, dan tepat sasaran.

"Itulah tugas utama ideologi kalian. Kemenangan elektoral tidak ada artinya jika partai ini tidak memperjuangkan kehidupan rakyat melalui keputusan-keputusan politik yang jelas," ujar Megawati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement