Ahad 10 Jan 2021 14:20 WIB

Pilot SJ 182 Dikenal Sebagai Sosok yang Soleh

Kapten Afwan merupakan anggota SJSS, perkumpulan perantau Sumbar di Jakarta

Rep: Febrian Fachri/ Red: Gita Amanda
Kapten Pilot Afwan, Kapten pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu
Foto: Dok pribadi
Kapten Pilot Afwan, Kapten pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Ketua Umum Sungai Jambu Saiyo Sakato (SJSS) Jabodetabek, Delpis Dt Majo Indo (SJSS), turut berduka cita mendengar kabar kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Delpis menyebut pilot SJ 182, Kapten Afwan, merupakan anggota SJSS. SJSS merupakan perkumpulan perantau asal Nagari Sungai Jambu, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat yang berada di Jakarta.

"Saya cukup kenal dengan Pak Afwan. Beliau adalah figur yang santun, soleh, agamais," kata Delpis kepada Republika, Ahad (10/1).

Baca Juga

Delpis mengatakan sebagai anggota SJSS Afwan cukup aktif. Hanya saja ia kerap terhalang karena padatnya jadwal penerbangan.

Tapi bila tidak ada jadwal terbang dan ada kegiatan SJSS, Afwan menurut Delpis selalu menyempatkan hadir dan terlibat. Delpis mengatakan ia mendengar informasi kecelakaan pesawat SJ 182 sejak kemarin, Sabtu (9/1) sore. Beberapa saat kemudian ia mendapat kabar pilot SJ 182 adalah Kapten Afwan.

Atas nama pribadi dan organisasi, Delpis berharap Kapten Afwan beserta segenap kru dan penumpang dalam keadaan baik sampai dapat ditemukan oleh tim yang sedang melakukan pencarian. "Semoga Allah menjaga mereka dalam keadaan baik. Kami menanti bagaimana informasi dari maskapai dan pemerintah," ujar Delpis.

Informasi yang diterima Republika, Kapten Afwan adalah putra asal Sungai Jambu, Tanah Datar. Ia merupakan putra kandung dari almarhum Zamzami dan Almarhum Rosmalia Jamil. Kapten Afwan diketahui selama ini berdomisili di Cibinong, Kabupaten Bogor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement