Jumat 08 Jan 2021 13:36 WIB

Masukan Buat Gibran Jelang Dilantik Sebagai Wali Kota Solo

Gibran sebaiknya membangun sinergitas yang baik dengan berbagai pihak.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Agus Yulianto
Gibran Rakabuming Raka
Foto:

"Selain itu, jika melihat pada keahlian Gibran dalam bidang bisnis yang didukung dengan sumber daya yang ada di Solo, tentu saja ini dapat menjadi peluang tersendiri bagi Kota Solo untuk dapat lebih maju, asalkan dengan komposisi orang-orang yang duduk di pemerintahan tepat," jelas Sunny.

Hal lain yang menjadi sorotan Sunny yakni, keseimbangan politik dalam pemerintahan Gibran-Teguh ke depannya. Sebab, dalam pencalonan Gibran-Teguh sebagai calon walikota dan calon wakil walikota, banyak partai politik yang menyatakan dukungannya kepada mereka.

Dia melihat, hal ini dapat memunculkan beberapa risiko politik, seperti pemerintahan yang cenderung bersifat kompromistis dan pemerintahan akan menjadi sangat akomodatif terhadap kepentingan-kepentingan partai politik.

"Sirkulasi politik yang sangat dinamis tentu saja hal-hal tersebut mungkin terjadi. Jika koalisi gemuk (oversized coalitiaon) dilegitimasi sebagai syarat lahirnya stabilitas pemerintahan, kenyataannya tidaklah dapat sepenuhnya," katanya. 

 

Kondisi ini tentu diperparah dengan kondisi partai yang bersifat rente dan transaksional. Oleh sebab itu, inilah kemudian yang menjadi PR pertama untuk kepala daerah terpilih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement