Rabu 06 Jan 2021 19:35 WIB

Ibu Diharapkan Berperan Ingatkan Keluarga Patuhi Prokes

Peran ibu dinilai sangat dominan dalam sebuah keluarga.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peran ibu dinilai sangat dominan dalam sebuah keluarga. Oleh karena itu, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berharap ibu bisa ikut membantu mengingatkan keluarganya untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) selama pandemi virus corona SARS-CoV2 (Covid-19).

"Hasil penelitian BKKBN menunjukkan bahwa ibu tuh sangat dominan dalam berbagai peran dalam keluarga misalnya dalam mengambil keputusan, memberikan nasihat, kemudian juga dalam mengasuh anak. Jadi, peran ibu sangat penting," ujar Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi saat berbicara di konferensi virtual BNPB bertema Ibu Sebagai Pilar Utama Menghadapi Pandemi, ditayangkan Rabu (6/1).

Baca Juga

Oleh karena itu, ia menggarisbawahi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama masa pandemi. Pertama, semua pihak memiliki risiko untuk tertular, semua orang tanpa terkecuali punya risiko untuk tertular virus ini. Ia menambahkan, ibu berperan untuk mengingatkan bahwa selama pandemi masih ada maka kepatuhan terhadap protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun adalah vaksin yang terbaik.

"Ibu juga yang mengingatkan kalau kamu sayang dengan keluarga, hati-hati ketika keluar. Pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, sering cuci tangan supaya tidak menulari ibu atau menulari anggota keluarga yang lain," katanya.

Jadi, dia menambahkan, peran ibu sangat penting mengingatkan hal-hal selama masa pandemi dan keluarga bisa beradaptasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement