Senin 04 Jan 2021 06:27 WIB

Sidang Praperadilan Habib Rizieq Digelar, Keamanan Jadi Isu

Pengacara HRS mempertanyakan rencana pengamanan polisi yang dinilai berlebihan.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Elba Damhuri
Pasal yang Menjerat Habib Rizieq
Foto:

Pengamanan Polres Jakarta Selatan

Polres Metro Jakarta Selatan menyiapkan personel untuk pengamanan persidangan praperadilan Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (4/1). Sidang dijadwalkan dimulai pukul 09.00 WIB.

"Pengamanan sudah disiapkan dari jajaran Polres Metro Jakarta Selatan di-back up Polda Metro Jaya," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Polisi Budi Sartono saat dikonfirmasi di Jakarta, Ahad (3 Januari).

Budi mengatakan pihaknya telah menerima permintaan bantuan pengamanan yang diajukan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Permintaan pengamanan ini guna mengantisipasi apabila persidangan dihadiri simpatisan Rizieq Shihab, agar persidangan dapat berjalan dengan baik termasuk sidang lainnya yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Intinya kita mengamankan sidang praperadilan ini agar berjalan dengan aman dan tertib dan tidak ada gangguan bagi aparat PN Jaksel dalam melaksanakan sidang praperadilan," ujar Budi.

Namun, Tim advokasi HRS menilai pengerahan ribuan personel gabungan pada sidang perdana praperadilan yang diajukan pihaknya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sebagai bentuk intimidasi terhadap proses pencarian keadilan. 

Koordinator tim advokasi HRS, Kamil Pasha, menegaskan kepolisian tak perlu berlebihan dalam mengamankan sidang permohonan pencabutan status tersangka dan tahanan terhadap kliennya.

"Yang mau diamankan itu yang mana? Kita biasa-biasa saja sidang besok itu (4/1). Pak Polisi, gak perlu berlebihanlah, pakai-pakai pasukan pengamanan," ujar Kamil saat dihubungi, Ahad (3/1). 

Dalam sidang perdana praperdilan itu, kata Kamil, tim advokasi Habib Rizieq hanya akan datang bersama lima kuasa hukum. Kamil meyakini, tak ada upaya dari para pendukung Habib Rizieq untuk melakukan aksi pengerahan massa ke PN Jaksel.  

"Cuma kita, tim lawyer-nya saja yang datang besok," ujarnya. 

BACA JUGA: Benarkah Ustadz Abdul Somad (UAS) Ceramah tak Pakai Masker Saat Pandemi? Cek Faktanya di Sini....

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement