Ahad 03 Jan 2021 10:37 WIB

Jack Ma: Pujaan China yang Kini Jadi Musuh Nomor Satu

Jack Ma mengkritik kebijakan sistem keuangan China.

Jack Ma: Pujaan China yang Kini Jadi Musuh Nomor Satu. Pendiri Alibaba Jack Ma.
Foto:

Pemerintah China jelas tidak ingin melihat perusahaan teknologi di negaranya menjadi meraksasa seperti di AS. China menyadari upaya memperlonggar regulasi dan membiarkan kompetisi tanpa banyaknya aturan akan membuat raksasa teknologi tersebut terlalu berkuasa hingga mendominasi. 

Pakar ekonomi David Goldman mengatakan China menghindari jebakan seperti yang terjadi AS. Perusahaan teknologi Amerika dinilai telah merusak model bisnis yang sudah ada. 

Perusahaan-perusahaan teknologi di Amerika saat ini meraih pendapatan dari monopoli dengan mengontrol pasar. China ingin menghindari jebakan Amerika ini.

Sebagai contoh, Apple di Amerika sudah sangat kaya dan bahkan memiliki uang tunai yang sangat banyak. Apple telah membeli kembali 327 miliar dolar AS sahamnya sejak 2012. 

Ada Facebook, Google, maupun Amazon yang menguasai pasar di AS. Bahkan, 70 persen dari semua pendapatan iklan digital, masuk ke Facebook dan Google, yang melumpuhkan media independen Amerika untuk mendapatkan pendapatan iklan.

Di China, Alibaba dan JD.com menguasai 75 persen e-commerce. WeChat milik Tencent menangani 60 persen dari seluruh pembayaran di China.

BACA JUGA: Jack Ma Hilang Setelah Kritik Pemerintah China, Kemana Dia?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement