Ahad 03 Jan 2021 10:37 WIB

Jack Ma: Pujaan China yang Kini Jadi Musuh Nomor Satu

Jack Ma mengkritik kebijakan sistem keuangan China.

Jack Ma: Pujaan China yang Kini Jadi Musuh Nomor Satu. Pendiri Alibaba Jack Ma.
Foto:

Regulator negara bagian di China mulai mengumpulkan laporan pelanggaran hukum perusahaan Jack Ma. Termasuk, cari celah bagaimana Ant Group telah menggunakan produk keuangan digital seperti Huabei, layanan kartu kredit virtual yang mendorong orang miskin dan anak muda China menjadi konsumtif dan terus menumpuk utang.

Perintah penangguhan IPO Ant Financial ini langsung disampaikan Presiden China Xi Jinping. Secara langsung, Xi memerintahkan agar Ant Group diselidiki secara menyeluruh dan efektif hingga menghentikan IPO Ant Group. 

Pemerintah China sendiri memang sedang dalam upaya membuat mata uang digital dan sistem pembayaran elektronik sendiri. Hal ini diduga mereka khawatir layanan Ant Financial sampai kepunyaan Tencent punya pangsa pasar yang terlalu dominan.

Sebelumnya, beberapa bank China mengeluh kepada otoritas keuangan karena dianggap telah diperlakuan tak adil. Kata mereka, bank-bank di China diatur dengan sangat ketat dan detail, sementara Ant Group milik Jack Ma terlihat bergerak semaunya sendiri alias tak ada hukum yang mengatur.

Pada sisi lain, Pemerintah China memang sedang fokus membuat mata uang digital dan sistem pembayaran elektronik sendiri. Bersamaan dengan itu, Beijing khawatir layanan Ant Financial hingga Tencent dengan pangsa pasar yang dominan bisa mengganggu rencana strategis mereka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement