Ahad 03 Jan 2021 10:37 WIB

Jack Ma: Pujaan China yang Kini Jadi Musuh Nomor Satu

Jack Ma mengkritik kebijakan sistem keuangan China.

Jack Ma: Pujaan China yang Kini Jadi Musuh Nomor Satu. Pendiri Alibaba Jack Ma.
Foto:

Perubahan sikap Beijing kepada Jack Ma dan perusahaan-perusahaannya menarik komentar banyak pihak. Awalnya, hubungan Beijing dan Ma begitu menarik dan erat, namun kemudian berubah seiring waktu.

Partai Komunis China memang sejak lama bersikap jaga jarak dengan kaum kaya China dan tidak suka dengan ideologi kaum kapitalis global. Pada bagian lain, China melihat perusahaan-perusahaan teknologi ini terlihat semakin kuat dan terlalu berkuasa. Mereka memegang data-data penting ratusan juta rakyat China.

Ini menjadi momentum Pemerintah China untuk mengendalikan sektor teknologi yang telah berkembang besar tanpa diikuti regulasi yang cukup. Kendra Schaefer, pengamat di biro konsultasi Trivium China, mengatakan seperti Pemerintah Amerika Serikat (AS), China juga punya hubungan antara benci dan rindu dengan para juara teknologinya.

Betul sekali jika perusahaan-perusahaan teknologi China ini telah mewakili modernisasi sukses China dan menumbuhkan daya saing global. Di sisi lain, China telah lama kesulitan mendorong perusahaan-perusahaan teknologi besar ini masuk ke dalam sistem pasar ekonomi sosialis, bukan kapitalis dan liberal.

Kandrea menegaskan China sedang mengirimkan sinyal kepada pemain teknologi besar agar mereka tidak menjadi terlalu besar. "Dan Partai Komunis masih berkuasa," kata dia lagi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement