Ahad 27 Dec 2020 13:44 WIB

Top 5 News: Mossad Habisi Pengkhianat, Polisi Langgar HAM

Tentara Israel menyerang dan menghancurkan makam sahabat Nabi Muhammad di Yerusalem.

Petugas Komnas HAM memeriksa satu dari tiga mobil yang dikendarai polisi dan enam laskar FPI dalam kasus penembakan anggota FPI di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (21/12/2020). Setelah pemeriksaan terhadap tiga mobil yang digunakan saat kasus penembakan anggota FPI di Tol Jakarta-Cikampek KM 50 tersebut, Komnas HAM akan menindaklanjuti hasil balistik, siapa saja yang menembak, dan cek darah dari anggota FPI.
Foto:

3. Kontras: Penembakan Laskar FPI adalah Pelanggaran HAM

JAKARTA -- Kordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) Fatia Maulidiyanti mengatakan, penembakan mati enam laskar Front Pembela Islam (FPI) oleh kepolisian sebagai pelanggaran atas hak asasi manusia (HAM). Ia juga mengatakan penembakan itu sebagai bentuk penghinaan terhadap proses hukum dan pengingkaran terhadap azas praduga tak bersalah dalam pencarian keadilan.

 

“Kontras melihat ini (pembunuhan laskar FPI) terang merupakan pelanggaran HAM, pelemahan terhadap hukum, dan mencelakai yang namanya praduga tidak bersalah,” kata Fatia, dalam diskusi daring bertema ‘6 Nyawa dan Kemanusian Kita’, pada Jumat (25/12) malam. 

Kordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) Fatia Maulidiyanti (kiri)

Fatia mengatakan, ada beberapa aspek yang meyakinkan Kontras menilai insiden tol Japek Km 50 tersebut sebagai pelanggaran HAM. Ia mengatakan, Polri merupakan institusi resmi negara dalam penegakan hukum.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Pandemi Covid-19 Tak Kurangi Jumlah Mualaf Bersyahadat

BANDUNG--Selama situasi Covid-19, walaupun kegiatan sehari-hari dibatasi protokol kesehatan dan sebagainya, tidak berpengaruh ke mualaf yang ingin bersyahadat di Masjid Lautze 2 di Jalan Tamblong, Kota Bandung.

 

 "Pandemi Covid-19 tak mengurangi jumlah orang yang ingin bersyahadat," ujar Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Lautze 2, Koko Rahmat, akhir pekan ini. Mereka yang bersyahadat di Masjid Lautze 2 telah mencapai 139 orang. Jumlah tersebut merupakan data dari tahun 2017 hingga 2020.

Situasi Covid-19, walaupun kegiatan sehari-hari dibatasi protokol kesehatan dan sebagainya, tetapi tidak berpengaruh ke muallaf yang ingin bersyahadat di Masjid Lautze 2 di Jalan Tamblong, Kota Bandung.

Rahmat menjelaskan, pertama kali pihaknya mensahadatkan pada tanggal 23 April 2017 yakni telah mengikrarkan syahadat 5 saudara. "Lalu selama 2017 itu total 28 orang, 2018 itu 32, 2019 ada 48 orang, dan 2020 ada 31 saudara baru, jumlah total ada 139 orang," katanya. 

Rahmat mengatakan, tingginya minat mualaf melakukan syahadat di Masjid lautze 2 dikarenakan banyak faktor. Salah satu faktor utamanya adalah adanya pembinaan yang dilakukan DKM Lautze 2.

Baca berita selengkapnya di sini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement