Kamis 24 Dec 2020 21:16 WIB

Satgas Daerah Diminta Antisipasi Pemudik Libur Akhir Tahun

Antisipasi dilakukan dengan memperketat pengawasan di titik-titik kedatangan

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Gita Amanda
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito meminta satgas di daerah bersiap mengantisipasi para pemudik.
Foto: Satgas Covid-19
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito meminta satgas di daerah bersiap mengantisipasi para pemudik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di daerah diminta mulai mengantisipasi kedatangan para pemudik selama periode lebih Natal dan Tahun Baru. Antisipasi dilakukan dengan memperketat pengawasan di titik-titik kedatangan, baik transportasi darat, laut, atau udara. Pemda juga diminta sigap menyediakan fasilitas isolasi mandiri bagi warga yang diketahui memiliki hasil rapid test reaktif atau positif.

"Saya juga ingatkan agar masyarakat membatasi perjalanan liburan kluar kota dan sebisa mungkin tetap di rumah. Saya minta pimpinan dan satgas untuk antisipasi masuknya pemudik dengan memastikan mereka sudah melakukan tes PCR atau rapid test antigen. Pastikan juga ketersediaan ruang isolasi," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam keterangan pers, Kamis (24/12).

Baca Juga

Wiku juga menyampaikan apresiasi kepada pemda yang telah menerbitkan surat edaran (SE) sebagai turunan dari SE yang telah lebih dulu diterbitkan Satgas Penanganan Covid-19 pusat dan Kementerian Perhubungan.

Selain itu, Wiku juga mengingatkan umat Kristiani agar benar-benar menjalankan protokol kesehatan selama menjalankan ibadah perayaan Natal. Masyarakat juga diminta menghindari kerumunan saat menjelang tahun baru nanti, bahkan kalau bisa menahan diri untuk melakukan perjalanan.

"Seperti yang saya sampaikan, kita harus belajar pada pengalaman sebelumnya. Periode libur panjang yang lalu telah menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kasus positif," kata Wiku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement