Senin 21 Dec 2020 17:52 WIB

Ratusan Petugas Gabungan Dikerahkan Amankan Natal Tahun Baru

Di masa pandemi harus lebih peduli, jangan sampai menimbulkan klaster baru

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Ratusan petugas gabungan dikerahkan dalam pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru di Kota Sukabumi. Keberadaan personel gabungan akan ditempatkan di sejumlah di titik baik tempat ibadah maupun pusat keramaian kota.
Foto: istimewa
Ratusan petugas gabungan dikerahkan dalam pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru di Kota Sukabumi. Keberadaan personel gabungan akan ditempatkan di sejumlah di titik baik tempat ibadah maupun pusat keramaian kota.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Ratusan petugas gabungan dikerahkan dalam pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru di Kota Sukabumi. Keberadaan personel gabungan akan ditempatkan di sejumlah di titik baik tempat ibadah maupun pusat keramaian kota.

Upaya pengamanan ini diawali dengan kegiatan gelar pasukan Operasi Lilin Lodaya tahun 2020 di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Senin (21/12). Momen ini untuk mengecek kesiapan pengamanan perayaan Natal tahun 2020 dan tahun Baru 2021 baik personel dan sarana prasarana di Kota Sukabumi.

Pada apel tersebut yang bertindak sebagai pembina apel Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni dam dihadiri unsur forkopimda yakni Kepala Setukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin, Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo, Kepala Kejaksaan Negeri Sukabumi Mustaming. '' Kami melalui apel gelar pasukan operasi Lilin Lodaya 2020, berupaya meningkatkan sinergi dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 di tengah pandemi Covid-19,'' kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni.

Untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru dikerahkan sebanyak 340 personel polres, 180 personel instansi samping seperti TNI, Dishub dan Satpol PP serta 140 personel dari organisasi kemasyarakatan seperti PMI.

Di sisi lain kapolres juga menyampaikan Amanat Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. Salah satunya apel digelar sebagai bentuk pemeriksaan kesiapan dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru baik aspek personel dan sarana prasana serta keterlibatan unsur terkait lainya seperti TNI, pemda dan instansi terkait lainnya.

Di mana pengamanan bukan agenda rutin biasa, akan tetapi harus waspada terhadap dinamika apalagi di masa pandemi harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan tersebut menyebabkan klaster baru penyebaran Covid-19.

Selain itu mewaspadai ancaman terorisme, radikalisme, sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi kriminalitas, tawuran antar kelompok pemuda, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas serta bencana alam dari dampak musim hujan yang harus diantisipasi.

"Apel ini digelar Polres Sukabumi Kota dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru," ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Di mana semua pihak berupaya menjalin kolaborasi dan sinergitas dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement