Jumat 18 Dec 2020 15:56 WIB

Jokowi: Kalau Semua Disiplin, Semoga tak Ada Gelombang Kedua

Kepada pengusaha, Jokowi sebut kondisi Indonesia lebih baik dibanding negara lain.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat untuk patuh dan disiplin terhadap protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini. Disiplin terhadap protokol kesehatan, kata dia, juga dapat mencegah terjadinya gelombang kedua pandemi Covid-19 yang saat ini telah melanda sejumlah negara di Eropa seperti Jerman, Prancis, Spanyol, dan juga Italia.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan bantuan modal kerja kepada sejumlah pelaku usaha kecil di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/12). “Moga-moga kita semuanya disiplin memakai masker semuanya sehingga yang namanya gelombang kedua gak ada. Pakai masker, jaga jarak, tidak masuk kerumunan, habis kegiatan cuci tangan, saya kira kalau ini semuanya disiplin semoga kita gak ada gelombang kedua,” ujar Jokowi.

Baca Juga

Kepada para pelaku usaha kecil tersebut, Jokowi mengatakan pandemi Covid-19 tak hanya terjadi di Indonesia namun juga di 215 negara lainnya. Namun demikian, kondisi di Indonesia saat ini masih lebih baik dibandingkan negara-negara lainnya. Karena itu, ia mengingatkan agar protokol kesehatan ini terus dilakukan masyarakat.

“Harus terus kita ingatkan kepada rekan, tetangga, lingkungan kita. Karena itu satu-satunya jalan untuk menghindari meluasnya wabah Covid-19,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement