Kamis 03 Dec 2020 14:16 WIB

Harimau Mangsa Anjing dan Ayam Warga di Solok

Harimau Sumatra sempat tidur di depan rumah warga.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Teguh Firmansyah
Harimau Sumatra liar.
Foto: ANTARA/SYIFA YULINNAS
Harimau Sumatra liar.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN SOLOK -- Warga Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatra Barat (Sumbar) dihebohkan dengan kemunculan Harimau Sumatera. Kemunculan harimau ini sempat terekam kamera saat ia berjalan di pinggir jalan raya. Camat Danau Kembar Eka Putra mengatakan harimau bahkan sempat masuk ke perkampungan memangsa anjing dan beberapa ekor ternak ayam milik warga.

"Harimau ini sempat masuk perkampungan, dia menerkam 3 hingga 5 ekor anjing warga, kemudian juga memakan ayam masyarakat,” kata Eka, Kamis (3/12).

Baca Juga

Hewan liar yang dilindungi undang undang ini muncul sejak Rabu (2/12) kemarin di daerah Jorong Lurah Ingo. Harimau terlihat beristirahat di tengah jalan beton. Menjelang subuh, sejumlah masyarakat juga melihat dengan bantuan alat penerang senter. Bukannya pergi, harimau malah bergerak dan mendekat ke rumah warga.

"Dia jalan ke arah cahaya, kemudian malah tidur di depan rumah masyarakat, sehingga masyarakat jadi ketakutan,” ucap Eka.

 

Namun saat ini menurut Eka, harimau tersebut sudah dalam pengawasan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Pengawasan dilakukan bersama masyarakat, Forkompincam, Polsek, Danramil. Hal itu bertujuan agar harimau kembali ke habitatnya.

Tadi pagi, petugas gabungan membuat bunyi-bunyian di sekitar lokasi penampakan harimau supaya hewan yang juga disebut 'inyiak' itu kembali ke dalam hutan habitatnya. Polisi juga sempat melepaskan tembakan ke udara.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement