Selasa 10 Nov 2020 18:20 WIB

Transjakarta Tambah Tiga Rute Baru

Dalam dua pekan, tiga rute digratiskan. Selanjutnya akan dikenakan tarif Rp 3.500

Penumpang menunggu kedatangan bus Transjakarta
Foto: Republika/Thoudy Badai
Penumpang menunggu kedatangan bus Transjakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Transjakarta mulai Selasa menambah tiga rute baru untuk memperluas jangkauan layanan bagi masyarakat di Ibu Kota. Tiga rute baru, yakni TR1 jurusan Stasiun Gongdangdia-Senen, TR2 jurusan Stasiun Gongdangdia-Balai Kota dan JAK 10A jurusan Stasiun Gondangdia-Cikini.

"Ketiga rute ini resmi dibuka mulai hari ini, 10 November 2020," kata Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Prasetia Budi di Jakarta, Selasa (10/11).

Tiga rute terbaru itu menambah jangkauan layanan Transjakarta yang sudah mencakup 83 persen wilayah Provinsi DKI Jakarta pada 2019. Dengan penambahan rute ini, diharapkan Transjakarta dapat melayani mobilitas masyarakat lebih baik lagi, khususnya dalam hal transportasi umum.

Ada 24 armada yang disiapkan Transjakarta untuk tiga rute barunya dengan rincian delapan unit medium bus untuk rute TR1 Stasiun Gongdangdia-Senen, empat unit medium bus untuk rute TR2 Gondangdia-Balaikota dan sebanyak 12 unit mikrotrans untuk layanan JAK 10A Stasiun Gongdangdia-Cikini.

Ketiga rute ini beroperasi setiap hari kerja Senin-Jumat mulai pukul 05.00-22.00 WIB. Untuk menikmati layanan TR1 dan TR2 selama 2 (dua) pekan ke depan pelanggan dikenakan biaya Rp 0 atau gratis. Namun untuk selanjutnya dikenakan tarif regular Rp 3.500.

Sementara untuk layanan mikrotrans JAK10A, pelanggan tetap dapat menikmati tarif Rp 0 jika menggunakan Kartu Jaklingko sebagai alat pembayarannya.

Berikut pemberhentian rute-rute baru TransJakarta:

1. TR1 Stasiun Gongdangdia-Senen

Arah Senen: St Gondangdia-Komplek AL-Kanisius-Telkom-Gambir 1-Gambir 2-Istiqlal-Lapangan Banteng-Wahidin-Pasar Senen-Stasiun Senen.

Arah St Gondangdia: Stasiun Senen-Atrium 1-Atrium 2-RSPAD-Museum Kebangkitan-PMI-Tugu Tani-Halte Sekolah-BRI-Halte SMU-Stasiun Gondangdia

2. TR2 Stasiun Gongdangdia-Balai Kota

Arah Balaikota: Stasiun Gondangdia 1-Komplek AL-BRI-Kanisius-Telkom-Balai Kota

Arah St Gondangdia: Balai Kota-IRTI-Wisma Antara-BUMN-Gedung Dewan Pers-Gedung DPRD-Stasiun Gondangdia 2-Stasiun Gondangdia 1

3. JAK 10A Stasiun Gondangdia-Cikini: St Gondangdia-Komplek AL-Kanisius-Telkom-Gambir 2-Memperindag-Tugu Tani-Halte Sekolah-Bapindo-Halte SMU-St Gondangdia

Di tengah PSBB Transisi, Transjakarta tetap berkomitmen memperhatikan segala prosedur kesehatan dengan melakukan sanitasi seluruh armadanya secara berkala menggunakan cairan disinfektan.

Transjakarta turut membatasi daya angkut bus, yakni maksimal 60 orang untuk bus gandeng. Sedangkan maksimal 30 orang untuk bus besar dan sebanyak 15 orang untuk bus kecil.

"Untuk itu, kami berharap pelanggan bisa bekerjasama dengan mematuhi semua prosedur kesehatan yang berlaku guna memutus rantai penyebaran Covid-19, khususnya selama berada di area Transjakarta," kata Prasetia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement