Rabu 09 Sep 2020 11:47 WIB

Mahasiswa Baru Kampus UBSI Solo Ikuti Ormik Online

Setelah Ormik, kegiatan berikutnya Seminar Motivasi (Semot).

Kampus UBSI Solo menggelar Orientasi Akademik (Ormik) secara online  yang diikuti seluruh mahasiswa baru angkatan 2020/20201.
Foto: Dok UBSI
Kampus UBSI Solo menggelar Orientasi Akademik (Ormik) secara online yang diikuti seluruh mahasiswa baru angkatan 2020/20201.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Orientasi Akademik (Ormik) merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) untuk menyambut mahasiswa baru. Ormik diselengarakan serentak di seluruh kampus UBSI, termasuk kampus UBSI Solo. 

Ormik diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa baru dengan pembekalan materi sejarah kampus UBSI, sistem perkuliahan, pelayanan mahasiswa, administrasi akademik, dan kegiatan kemahasiswaan.

“Namun Ormik tahun ini  berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di tengah pandemi Covid-19, Ormik tahun ini diadakan secara online menggunakan zoom cloud meetings,” ungkap  Marketing of Communication kampus UBSI Solo, Muhamad Abdul Ghani dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ormik  di kampus UBSI Solo dilaksanakan pada Senin (7/9) dan dibagi menjadi  dua sesi. Sesi 1 mulai 08.00 – 1 2.00 WIB dan Sesi 2 19.00 – 2 1.00 WIB. 

Sesi 1 Ormik dipandu oleh Muhammad Abdul Ghani dengan narasumber Galih Setiawan Nurohim selaku dosen kampus UBSI Solo. Di Sesi 2, Ormik dipandu oleh Ahmad Fauzi dengan Eka Rahmawati selaku narasumber.

photo
Mahasiswa baru Kampus UBSI Solo tahun kuliah 2020/2021 mengikuti kegiatan Oriesntasi Akademik (Ormik) secara online, Senin (7/9).  (Foto: Dok UBSI)

Sejak awal menyelenggarakan perkuliahan, UBSI tidak pernah memberikan OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus) yang sering ditemui di beberapa kampus dengan budaya senioritas dan perploncoan.

“Kegiatan tersebut, oleh kampus UBSI  diganti kampus  dengan Orientasi Akademik (Ormik) dan Seminar Motivasi (Semot) dengan tujuan mahasiswa dapat memahami sistem perkuliahan dan mampu untuk menjalani kuliah dengan baik dengan bekal motivasi yang memadai. Di sini mahasiswa dapat mengenal tentang sejarah kampus, sistem perkuliahan, organisasi mahasiswa yang ada, dan juga berbagai program yang menunjang karir mahasiswa kedepannya,” jelas Galih.

Pada Ormik  kali ini, mahasiswa juga dibekali dengan panduan untuk menggunakan LMS (Learning Management System) karena  saat ini semua perkuliahan masih dilaksanakan  secara daring.

Selain itu, mahasiswa juga diperkenalkan dengan fasilitas ruang mahasiswa untuk mengakses berbagai informasi seputar kuliah seperti jadwal perkuliahan, modul, nilai, dan sebagainya.  Setiap mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk aktif di organisasi kampus UBSI seperti HIMASA (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi) dan HIMSI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi).

“Setelah rangkaian acara Ormik, berikutnya mahasiwa baru diharuskan untuk mengikuti Seminar Motivasi (Semot). Ke depannya, UBSI akan terus menyelenggarakan kegiatan Ormik dengan kemasan yang lebih menarik agar setiap mahasiswa baru dapat memulai perkuliahan dengan penuh semangat dan suka cita,” tutup Ghani.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement