Ahad 30 Aug 2020 12:31 WIB

Top 5 News: Pembantaian Husain, Pinangki, Islam Spanyol

Kisah pembantaian Husain ra di tragedi Karbala jadi berita teratas.

Makam Sayidina Husain RA di Karbala, Irak.
Makam Sayidina Husain RA di Karbala, Irak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga Spanyol mulai perlahan-lahan menerima dakwah Islam. Negeri dulu selama 800 tahun berada di bawah kekuasaan Islam itu kini mulai membuka diri terhadap Dakwah Islam. Kabar itu pun masuk ke dalam lima besar berita paling banyak dibaca di Republika.co.id pada Sabtu (29/8).

Kisah tentang Sayidina Husain RA yang membawa serta keluarganya dalam ekspedisi ke kufah pada tragedi Karbala menduduki posisi puncak top 5 news Republika.co.id. Berikut lima berita populer Republika.co.id pada Sabtu, 29 Agustus 2020.

1. Mengapa Husain Cucu Nabi SAW Bawa Keluarga Saat Dibantai?

Mengapa Sayidina Husain RA membawa serta keluarganya dalam ekspedisi ke kufah? Bukankah hal itu membawa keluarganya pada bahaya? Pertanyaan itu lah yang sering muncul dari waktu ke waktu khususnya pada 10 Muharam atau peringatan tragedi Karbala.

 

Pada hari itu, cucu Nabi Muhammad yakni Husain  bin Ali dibantai bersama pengikutnya di Karbala oleh tentara penguasa Umayah kala itu yakni Yazid bin Muawiyah. Lalu mengapa Husain  harus membawa keluarganya? 

Peneliti Pemikiran Islam, Mohamed Fathi Al Nady, mengatakan apa yang dilakukan Husain  dengan membawa keluarganya ke Karbala adalah hal normal.  

"Dia membawa keluarganya bersamanya karena dia tak dapat menjamin keamanan mereka di tempat lain, seandainya dia berhasil merebut kekuasaan di Kufah, umat Islam akan membalas dendam dengan merugikan keluarganya di manapun mereka berada. Jadi tampaknya lebih baik dan lebih aman bahwa mereka (keluarga Husain ) menemaninya dalam perjalanan," kata Fathi Al Nady seperti dilansir About Islam pada Jumat (28/8). 

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Top 5 News: Jenderal Berjilbab, Banser, Hingga Hasan Bisri

Prestasi Tetty Melina yang menjadi Brigadir Jenderal TNI AD menjadi berita paling banyak dibaca pembaca Republika.co.id, Jumat (29/8). Fakta bahwa jilbab yang dikenakan Tetty tidak menghalanginya meraih prestasi tinggi, menjadi faktor utama berita tersebut jadi jawara di top 5 news Republika.co.id

Di posisi kedua ada berita soal GP Ansor dan Banser yang menyambangi Yayasan Al Hamidy-Al Islamiyah yang diduga menganut paham khilafah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). GP Ansor sendiri sudah membantah melakukan persekusi terhadap Yayasan Al Hamidy.

Baca berita selengkapnya di sini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement