Rabu 26 Aug 2020 23:39 WIB

Pariwisata Wakatobi Optimistis Raih Nominasi API

Pariwisata Wakatobi masuk nominasi API dalam kategori branding terpopuler 2020

Wisatawan menyelam di titik selam Mari Mabuk, Pulau Tomia, Waha, Tomia, Wakatobi, Sulawesi Tenggara. (ilustrasi)
Foto: Antara/Dewi Fajriani
Wisatawan menyelam di titik selam Mari Mabuk, Pulau Tomia, Waha, Tomia, Wakatobi, Sulawesi Tenggara. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Pariwisata Kabupaten Wakatobi sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata andalan Indonesia optimistis meraih Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) kategori Branding Pariwisata Terpopuler tahun 2020.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kabupaten Wakatobi, Nadar di Kendari, Rabu mengatakan, pesona terumbu karang Wakatobi sudah tersohor bukan hanya kalangan wisatawan domestik tetapi hingga mancanegara.

Sehingga, keputusan tim Kementerian Pariwisata memberi kesempatan bagi Wakatobi masuk nominasi API 2020 dinilai tepat. "Kemenparekraf melalui program jalan-jalan memberi ruang bagi daerah pemilik destinasi pariwisata untuk berpromosi sesuai kategori," kata Nadar.

Wakatobi yang masuk Nominasi API tahun 2020 dengan branding ‘ Wakatobi World Marine Heritage.’, bersaing dengan beberapa branding pariwisata daerah lain di Indonesia.

Pesaing Wakatobi adalah City of Music Kota Ambon Maluku, Explore Jambi, Kaltim Paradise of The East, Riau the Homeland of Melayu, Bali The Island of Gods, Sleman the Living Culture, Lampung the Treasure of Sumatera, Wonder Riau Islands dari Kepri dan Authentic Minangkabau kategori Brand Pariwisata dari Tanah Datar.

Branding pariwisata ‘Wakatobi World Marine Heritage’, menurut Nadar, sebagai identitas pariwisata daerah yang menggambarkan kekuatan destinasi serta representasi dari Unique Selling Point ( Faktor Pembeda) yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Dalam siluet itu ada simbol tari Lariangi yang menggambarkan aspek kultur, kemudian gambar perahu adalah simbol kekuatan kita sebagai kabupaten maritim.

Sedangkan gambar karang sebagai simbol keragaman hayati dibawah laut, serta gambar kaki katak (Fin) dive itu lebih kepada core activity utama pariwisata kita dalam hal ini wisata selam (diving), ujar Nadar.

Nadar berharap dengan masuknya branding pariwisata ‘Wakatobi World Marine Heritage’, sebagai Nominasi API kategori branding pariwisata terpopuler tahun 2020, nilai promosi dari branding dan pariwisata Wakatobi bisa lebih terekspos.

Oleh karena itu, ia mengharapkan masyarakat mendukung branding pariwisata ‘Wakatobi World Marine Heritage’, di ajang nominasi API 2020 dengan cara ketik API 4J, lalu kirim SMS ke 99386.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement