Kamis 16 Jul 2020 05:12 WIB

Ahli: Jangan Sampai Pilkada Tambah Kasus Baru Covid-19

Mendorong masyarakat mematuhi protokol Covid-19 sangat sulit.

Pilkada (ilustrasi)
Foto: Republika/ Wihdan
Pilkada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Ahli kesehatan Universitas Andalas (Unand) Padang Provinsi Sumatera Barat Dr Andani Eka Putra mengingatkan jangan sampai pelaksanaan pilkada menjadi sumber penambahan baru kasus Corona Virus Disease (Covid-19). "Oleh sebab itu sejak awal perlu dilakukan edukasi dan sosialisasi bagaimana pelaksanaan pilkada yang aman dan mengikuti protokol kesehatan," kata dia di Padang, Rabu (15/7).

Andani mengakui untuk mendorong masyarakat mematuhi protokol Covid-19 seperti membiasakan pakai masker hingga mencuci tangan sangat sulit. "Ini merupakan salah satu masalah yang dihadapi selama ini dalam menanggulangi Covid-19," ujar kepala Laboratorium Diagnostik Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand tersebut.

Baca Juga

Menurut dia, untuk mencegah pilkada menjadi sumber penambahan kasus baru Covid-19, semua aparat yang terkait dengan penyelenggaraan pilkada mulai dari KPU, Bawaslu dan petugas di tingkat TPS harus memahami dengan baik pola penyebarannya. Ia memaparkan saat ini 90 persen pasien Covid-19 di Sumbar adalah orang tanpa gejala sehingga perlu berhari-hati.

"Bayangkan 90 persen yang terpapar tanpa gejala, jadi kita tidak tahu siapa yang sudah positif dan dapat menularkan," kata dia.

Karena itu, jajaran penyelenggara pilkada yang banyak berinteraksi dengan orang perlu memahami hal ini dan melakukan pengendalian. Ia melihat berdasarkan kondisi perkembangan Covid-19 di Sumbar saat ini jumlah penyebaran virus kepada orang lain termasuk kecil.

"Dengan angka kesembuhan mencapai 83 persen dan rasio positif rate di bawah 0,5 persen maka disimpulkan secara sederhana pelaksanaan pilkada layak digelar," ujarnya.

Namun, ia mengingatkan karakteristik penyebaran Covid-19 adalah terjadi kontak erat intensif minimal dua sampai tiga hari dengan durasi 15 hingga 30 menit per hari. "Karena itu pelaksanaan rapat yang intensif menjadi masalah dan peluang penularan," kata dia.

Ia menyampaikan empat langkah yang perlu dilakukan adalah mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, dan mandi setiba di rumah jika pulang dari daerah risiko tinggi seperti pasar dan tempat umum lainnya. Kemudian petugas penyelenggara pilkada harus rajin mencuci tangan, memakai masker, sarung tangan dan dapat juga memakai jas hujan sebagai pengganti hazmat.

Ia memperkirakan hingga dua tahun ke depan belum tentu bisa menghilangkan Covid-19 dan yang dapat dilakukan saat ini adalah memutus mata rantai penularan dengan melaksanakan protokol Covid-19 dan pemeriksaan secara masif.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement