Jumat 03 Jul 2020 11:24 WIB

Longsor Terjadi di Kompleks Benteng Otanaha

Bongkahan batu besar menimpa rumah warga dan menyebabkan kaki kiri Suri Hamzah patah.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Benteng Otanaha (ilustrasi).
Foto: Wikipedia
Benteng Otanaha (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Seorang warga terluka karena tertimpa batu saat longsor terjadi di kompleks Benteng Otanaha, Kelurahan Dembe 1, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Jumat (3/7) pagi WIB. Lurah Dembe 1, Adriyun Katili mengatakan, saat longsor, bongkahan batu besar menimpa rumah warga dan menyebabkan seorang warga bernama Suri Hamzah (60 tahun), kaki kirinya patah.

"Korban sudah dibawa ke Puskesmas Pilolodaa. Kemungkinan akan dirujuk ke rumah sakit karena ada tulang yang patah," kata Adriyun.

Menurut Adriyun, rumah korban berada persis di sebelah bukit sehingga material longsor langsung jatuh ke rumah korban. Longsoran material juga menimpa rumah milik Hendra Potale (49) yang berada dikompleks Benteng Otanaha.

"Alhamdulillah yang ini tidak ada korban, namun rumahnya rusak tertimpa longsor," kata Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Dembe 1, Yusran Popalo.

Yusran berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo membantu pengobatan dan perbaikan rumah korban longsor. Hujan yang dalam beberapa pekan terakhir turun di wilayah Gorontalo juga menyebabkan banjir di Kelurahan Dembe 1.

Hingga Jumat pukul 11.30 Wita, hujan deras masih mengguyur seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo. "Ada sejumlah rumah terendam dan dua di antaranya rusak. Ada juga pagar rumah yang roboh karena airnya cukup deras," kata Adriyun melanjutkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement