Jumat 19 Jun 2020 17:13 WIB

Wilayah Sumbar yang Bisa Saksikan Gerhana Matahari Sebagian

Gerhana matahari di Sumbar dimulai 14.03 dan berakhir 15.37 WIB.

Gerhana matahari cincin yang diabadikan di Kabupaten Simeulue, Aceh, Kamis (26/12/2019).
Foto: KHALIS ABDYA/ANTARA FOTO
Gerhana matahari cincin yang diabadikan di Kabupaten Simeulue, Aceh, Kamis (26/12/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, Sumatra Barat (Sumbar) memperkirakan gerhana matahari cincin akan terjadi pada Ahad, (21/6) di beberapa wilayah di Sumbar. Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Padang Panjang Mamuri mengatakan  gerhana matahari cincin yang teramati dari Sumbar berupa gerhana matahari sebagian dengan magnitudo gerhana terentang antara 0,031 di Tua Pejat hingga 0,099 di Lubuk Sikaping.

Kemudian, secara umum gerhana matahari cincin yang akan terjadi di Sumbar dimulai pada 14.03 WIB. Puncaknya terjadi pada 14.54 WIB, dan akan berakhir pada 15.37 WIB.

Baca Juga

"Durasi gerhana matahari yang teramati di Sumatera Barat rata-rata adalah 1,37 menit," katanya.

Ia menyebutkan daerah-daerah di Sumbar yang akan mengalami gerhana matahari cincin pada Ahad (19/6) yaitu Padang, Simpang Ampek, Lubuk Sikaping, Lubuk Basung, Bukittinggi, Parit Malintang, Pariaman, Padang Panjang, Painan, Payakumbuh, Arosuka, Solok, Batu Sangkar, dan Sarilamak.

"Selanjutnya, Sawahlunto, Muaro Sinjunjung, Padang Aro, dan Sungai Dareh," katanya.

Ia mengimbau agar masyarakat tidak melihat matahari secara langsung pada saat terjadinya gerhana matahari tersebut. Masyarakat di sarankan agar menggunakan kaca mata yang memiliki filter khusus.

Dijelaskannya bahwa gerhana matahari merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan, sehingga tidak semua cahaya tersebut sampai ke bumi. Peristiwa ini merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement