Selasa 09 Jun 2020 17:22 WIB

Masyarakat Diminta Praktikan Etika Batuk di Tempat Umum

Saat batuk dan bersin, perlu menutup hidung dan mulut dengan siku

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Reisa Broto Asmoro.
Foto: Republika/Christiyaningsih
Reisa Broto Asmoro.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro menyarankan masyarakat agar mempraktikan etika ketika batuk dan bersin di tempat umum. Reisa mengatakan, saat batuk dan bersin, perlu menutup hidung dan mulut dengan siku dan lengan terlipat atau menggunakan kertas tisu.

“Mempraktikan etika ketika batuk dan bersin juga penting dengan cara menutup hidung dan mulut dengan siku dan lengan terlipat atau gunakanlah kertas tisu saat batuk atau bersin,” ujar Reisa saat konferensi pers, Selasa (9/6).

Setelah bersin menggunakan tisu, tisu harus segera dibuang dan kemudian mencuci tangan menggunakan sabun. Reisa juga mengingatkan agar masyarakat tak menyentuh mata, mulut, dan hidung menggunakan tangan kotor.

Reisa menyampaikan, dalam beradaptasi kebiasaan baru, masyarakat harus membudayakan menggunakan masker guna memastikan aman dari paparan covid namun tetap bisa melakukan kegiatan produktif. Selain itu, masyarakat juga tetap harus disiplin melakukan protokol kesehatan lainnya seperti menjaga jarak aman dan mencuci tangan.

“Pastikan kita keluarga, tetangga, kerabat dan kawan aman dari covid dan tetap produktif membangun bangsa,” kata Reisa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement