Senin 18 May 2020 15:59 WIB

Kasus Corona Mingguan di 3 Provinsi Ini Melonjak

Tiga provinsi itu adalah Jawa Timur, Sumatra Selatan, dan Kalimantan Selatan.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ratna Puspita
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat tiga provinsi mengalami lonjakan kasus virus corona SARS-CoV2 (Covid-19) mingguan di atas 50 persen, bahkan ada yang di atas 150 persen. Tiga provinsi itu adalah Jawa Timur (Jatim), Sumatra Selatan (Sumsel), dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Jatim mengalami kenaikan kasus mingguan 70 persen, Sumsel mengalami kenaikan kasus 157 persen, dan Kalsel mengalami

Baca Juga

peningkatan kasus mingguan 60 persen," ujar Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo saat memaparkan hasil rapat kabinet di akun yotutube, Senin (18/5).

Ia mengungkap dari penjelasan Dinas Kesehatan Kalsel bahwa 68 persen kasus yang terjadi diakibatkan klaster Gowa. Kasusnya telah

mengakibatkan korban jiwa 107 orang meninggal dunia.  

Kendati demikian, ia menyebutkan jumlah kasus di Pulau Jawa masih lebih tinggi dibandingkan rata-rata kasus di tingkat nasional. "Yaitu kasus konfirmasi positif jumlahnya 67 persen, kemudian

kasus meninggal dunia 79 persen, yang sembuh 59 persen," ujarnya.

Di satu sisi, ia mengungkap ada juga beberapa daerah yang alami penurunan jumlah kasus. Salah satunya Jawa Barat, yang alami penurunan sekitar 43 persen kasus mingguan. 

Kemudian ada juga daerah yang mengalami peningkatan penyembuhan. Seperti Aceh, Bangka Belitung, Bali, Kepri hingga Gorontalo.

"Daerah yang mengalami kesembuhan, mengalami peningkatan kesembuhan yaitu Aceh 83,3 persen, Bangka Belitung, 79,3 persen, Kemudian Bali 71,8 persen. Kepri 69,0 persen, dan Gorontalo 62,5 persen," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement