Rabu 13 May 2020 16:32 WIB

Ada Bus Keliling Uji Swab di Kabupaten Soppeng

Bus ini nantinya akan berkeliling di delapan kecamatan.

Rep: Mabruroh/ Red: Andi Nur Aminah
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.
Foto: humas pemprov sulsel
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Wakil Gubernur Propinsi Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Soppeng yang diinisiasi oleh Bupati H Andi Kaswadi Razak atas innovasi yang dilakukan dalam penanganan Covid-19. Inovasi tersebut yakni dengan membuat Bus Uji Swab Keliling. Bus ini nantinya akan berkeliling di delapan kecamatan.

"Kami memberi apresiasi yang besar kepada pemda Soppeng atas inovasinya, hal itu bisa menjadi pilot project penanganan Covid di Sulsel", kata Andi Sudirman dalam siaran pers, Rabu (13/5).

Baca Juga

Inovasi yang dilakukan pemerintah kabupaten Soppeng ini ungkapnya, dianggap optimistis bisa menuntaskan virus Covid-19 paling lambat Juli mendatang. Ia berharap bus keliling tersebut bekerja maksimal sebagaimana beberapa negara berhasil seperti Korea dengan memperbanyak test per hari. Vietnam juga melakukan hal sama serta perketat isolasi pada kriteria-kriteria pendatang serta klaster-klaster.

"Jika Soppeng melakukan hal yang sama dengan test swab rentang D0 (deteksi 0 hari) dan D10 (deteksi 10 hari) masa inkubasi terutama masyarakat kecamatan zona merah, kluster positif, ODP (orang dalam Pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pemantauan) dan diikuti program karantina yang terjaring maka Insya Allah akan ada perubahan signifikan dalam memutus rantai penyebaran Covid19 di Soppeng," jelas Andi Sudirman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement