Selasa 12 May 2020 12:52 WIB

Harga Cabai di Ambon Tiba-tiba Anjlok

Stok cabai merah biasa maupun keriting panjang sekarang ini cukup banyak di pasar.

Ilustrasi penjual cabai di pasar tradisional.
Ilustrasi penjual cabai di pasar tradisional.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON - Harga cabai yang ditawarkan para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon, terutama cabai merah biasa kini anjlok jika dibandingkan dengan tiga hari yang lalu.

Hasil pemantauan Antara di di pasar Mardika dan Batu Merah, Selasa, pedagang menawarkan harga cabai merah biasa Rp25.000/Kg, atau turun dari sebelumnya Rp40.000/Kg, dan eceran Rp3.000/cupa (ukuran kaleng susu kental manis) turun dari sebelumnya Rp7.000/cupa. Sedangkan untuk cabai keriting panjang juga turun dari Rp35.000 menjadi Rp20.000 hingga Rp25.000/Kg.

"Harga cabai ini sudah mulai bergerak turun sejak tiga hari yang lalu, hanya saja baru dua hari diterapkan harga sekarang, sebab pedagang masih memiliki stok yang lama," kata Jubaida, pedagang pasar Mardika, Selasa (12/5).

Ia juga mengakui stok cabai merah biasa maupun keriting panjang sekarang ini cukup banyak di pasar, arus pemasokan juga lancar dari sentra produksi. Ini terutama dari desa-desa di Pulau Ambon yang selama ini dijadikan sentra produksi untuk menyuplai ke pasar Ambon.

Turunnya harga cabai belum mempengaruhi harga bawang merah yang hingga kini masih terus dipatok Rp50.000/Kg, sedangkan bawang putih Rp38.000 hingga Rp40.000/Kg, atau turun dari sebelumnya Rp45.000.

Rustam, pedagang pasar Mardika ketika dikonfirmasi mengatakan, harga bawang merah cukup baik, artinya hingga kini masih terus bertahan di angka Rp40.000, dan itu sudah bertahan sejak minggu yang lalu sampai sekarang.

"Mudah-mudahan menjelang hari raya nanti harga bawang merah bisa bergerak turun, sebab stoknya juga cukup banyak," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement