Jumat 01 May 2020 19:18 WIB

Ramadhan, Pelayanan BPJS Kesehatan Lhokseumawe Tetap Prima

Untuk jaga jarak, peserta diimbau sebaiknya memanfaatkan fasilitas layanan JKN online

Pelayanan di kantor BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe, Aceh.
Foto: BPJS Kesehatan
Pelayanan di kantor BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe, Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, LHOKSEUMAWE -- Pelayanan adminitrasi kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe, Aceh, tetap prima dan maksimal selama Ramadhan. Pengaturan jam layanan selama Ramadhan pun tak membuat kepuasan peserta akan layanan berkurang.

“Memang ada pengaturan jam layanan, pada awal masa pandemi Covid-19 ini jam layanan dimulai pukul 08.00 hingga 15.00, tapi selama bulan Ramadhan jam layanan di kantor BPJS Kesehatan dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 14.00 WIB,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe melalui Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Muhammad Taufik, saat dihubungi pada Kamis (30/04).

Taufik pun menambahkan, meskipun adanya pengurangan jam layanan pihaknya berkomitmen untuk memberikan pelayanan maksimal, terlebih di masa pandemi virus corona seperti saat ini.

“Untuk menjaga jarak sosial, kita tetap imbau agar peserta sebaiknya memanfaatkan fasilitas-fasilitas layanan JKN secara online, seperti pemanfaataan aplikasi Mobile JKN untuk penunjukan identitas kepesertaan, perubahan data, atau bahkan penyampaian keluhan yang akan langsung kami tindaklanjuti. Kita juga menyarankan penggunaan Chat Assistant JKN CHIKA dan Voice Assistant VIKA melalui BPJS Kesehatan Care Centre 1500400,” kata Taufik.

Chika merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting. Layanan informasi berbasis chat ini dapat diakses melalui Facebook (BPJSKesehatanRI), WhatsApp (08118750400), serta Telegram (https://t.me/BPJSKes_bot).

Sementara itu, khusus bagi masyarakat dalam wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe, Taufik menjelaskan bahwa bagi peserta yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan segera, dapat langsung mengakses faskes primer maupun rumah sakit terdekat meskipun belum memiliki kartu JKN-KIS atau status kepesertaannya non aktif. “Ya bisa langsung akses mengakses FKTP dan RS dengan melampirkan KK atau KTP, ini hanya berlaku untuk wilayah kerja Kantor Cabang Lhokseumawe saja,” jelas taufik.

Adapun yang termasuk dalam cakupan wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe adalah Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Utara, Bireuen, Aceh Tengah, dan Bener Meriah. Salah satu peserta yang datang ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe untuk mencetak kembali kartunya yang hilang, Rachmad (30/04) mengatakan bahwa meskipun adanya pengaturan jam layanan selama bulan Ramadhan dan masa pandemi ini, dirinya  tetap bisa merasakan upaya pelayanan yang maksimal dari para petugas.

“Karena kalau bulan puasa dimana-mana jam layanan lebih singkat, tidak masalah buat saya, yang penting kita tetap dilayani dengan baik,” ujar Rachmad.

Tak hanya itu, Rachmad pun merasa tak masalah meski harus mengikuti protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan sabun pada wastafel yang sudah disediakan, penggunaan masker serta pengecekan suhu tubuh yang dilakukan petugas BPJS Kesehatan.

“Semua itu demi kebaikan kita sendiri juga kan, entah kita yang membawa virus atau orang lain, jadi sama-sama menjaga, itu lebih baik,” tutup Rachmad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement