Kamis 30 Apr 2020 03:07 WIB

Dinkes Mimika Lakukan Tracing Kepada 879 Warga

Sementara yang sudah menjalani pemeriksaan tes cepat sebanyak 128 orang.

Ilustrasi virus corona masuk Indonesia
Foto: MgIT03
Ilustrasi virus corona masuk Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,TIMIKA -- Tim penyelidikan epidemologi Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua telah melakukan penelusuran kontak atau contact tracing pada 879 warga setempat yang memiliki keterkaitan erat dengan kasus positif Covid-19.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Mimika, Reynold Ubra mengatakan hasil tracing kontak sebanyak 879 orang itu tidak termasuk penelusuran kontak sejumlah pasien positif yang ditemukan oleh Rumah Sakit Tembagapura.

"Dari 879 orang itu, sebanyak 17 orang yang melakukan pemeriksaan PCR dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 atau 1,39 persen. Sementara 299 orang lainnya dinyatakan sembuh atau 34,02 persen," jelas Reynold, Rabu (29/4).

Gugus Tugas Pemkab Mimika mulai Kamis (30/4) akan melakukan pemeriksaan massal menggunakan rapid test kepada 237 warga yang masuk dalam daftar penelusuran kontak dari pasien positif Covid-19. Sementara yang sudah menjalani pemeriksaan tes cepat sebanyak 128 orang.

"Kami menjadwalkan pemeriksaan massal kepada 237 orang ini mulai esok sampai hari Minggu (3/5). Ada sembilan orang lagi hasil tracing kontak yang masih kami pantau perkembangan kondisi kesehatannya hingga 14 hari ke depan meskipun saat pemeriksaan menggunakan rapid test hasilnya dinyatakan negatif," jelas Reynold.

Adapun mulai awal pekan depan, Gugus Tugas Pemkab Mimika menjadwalkan pemeriksaan massal menggunakan rapid test kepada 1.076 orang.

Kelompok besar ini mencakup sebanyak 106 orang yang baru tiba di Timika menggunakan penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta dan Denpasar pada Selasa (21/4), kelompok karantina di Bandara Timika dan juga sejumlah karyawan yang baru turun dari Tembagapura ke Timika dan ditemukan di Bandara Timika.

"Kami akan mendistribusikan rapid test ke 10 Puskesmas di sekitar Kota Timika untuk melaksanakan pemeriksaan massal ini," jelas Reynold.

Pada Rabu siang, terdapat penambahan 10 pasien positif Covid-19 di Mimika dimana seluruhnya berasal dari RS Tembagapura. Dengan demikian total kasus positif Covid-19 di Mimika sejak 29 Maret hingga saat ini sebanyak 55 kasus, di mana 11 pasien sudah dinyatakan sembuh dan tiga pasien meninggal dunia.

Adapun total PDP di Mimika sebanyak 72 orang, ODP sebanyak 266 orang dan OTG sebanyak 580 orang. Pada Rabu siang ditemukan lagi sembilan orang PDP baru. PDP yang sedang dirawat di rumah sakit sebanyak 38 orang yaitu enam orang di RSUD Mimika, enam orang di RSMM Timika dan 25 orang di RS Tembagapura.

Sementara ODP yang telah selesai masa pemantauan dan dinyatakan sehat berjumlah 37 orang. Selain itu, OTG yang baru ditemukan sebanyak 31 orang. Saat ini sebanyak 20 OTG sedang menjalani isolasi atau karantina di Shelter Wisma Atlet Mimika.

 

sumber : ANTARA

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement