Jumat 24 Apr 2020 14:43 WIB

UMY Bagikan Ratusan Paket Sembako ke Warga Sekitar

Kali ini, targetnya masyarakat di Kelurahan Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Bantul.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UMY.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus UMY.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendistribusikan 360 paket sembako kepada masyarakat dan panti asuhan sekitar kampus. Pembagian dilakukan dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah.

Kali ini, targetnya masyarakat yang berada di Kelurahan Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul di sisi barat Sportorium UMY lewat sistem drive thru. Serta, untuk Pondok Yatim Piatu Al-Ghiffari yang diantarkan langsung ke lokasi.

Rektor UMY, Dr Gunawan Budiyanto mengatakan, ini bagian program UMY Mengabdi yang jadi salah satu rangkaian kegiatan yang digabung dengan Milad UMY ke-39. Agenda Milad UMY kali ini dilakukan untuk merespons permasalahan masyarakat.

"Kebetulan dampak Covid-19 bertepatan dengan Milad UMY ke-39, oleh karena itu program-program pengabdian masyarakat dan kepedulian UMY kepada kasus Covid-19 kita gabung menjadi satu dengan rangkaian milad," katanya.

Gunawan menyampaikan, paket yang dibagikan kepada masyarakat dan pondok yatim piatu bertujuan untuk persiapan memasuki puasa Ramadhan. Pasalnya, banyak toko dan pasar yang belum dapat buka seperti biasanya yang mempersulit masyarakat.

"Karena kita ketahui sampai 23 April 2020 masih belum banyak pasar maupun toko yang buka secara penuh. Targetnya sama, bantuan sembako ini kita harapkan dapat memberi kemudahan bagi penghuni panti asuhan dalam menjalankan ibadah Ramadan," ujar Gunawan.

Ketua Panitia Milad UMY ke-39, Faris Al Fadhat menuturkan, mereka menggandeng pula pengurus-pengurus masjdi sekitaran kampus. Hal itu dilakukan untuk mendata masyarakat yang memang berhak mendapat bantuan, khususnya jamaah-jamaah masjid.

"Proses pembagian logistik ini mengikuti imbauan pemerintah melakukan physical distancing, warga masuk lewat pintu gerbang selatan UMY langsung menuju lokasi pengambilan di sisi barat Sportorium," kata Faris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement