Ahad 12 Apr 2020 06:42 WIB

Lawan Covid 19, Lotus Kita Sumbang Kebutuhan Tenaga Medis

Yayasan Lotus menyumbang APD, masker, dan hand sanitizer

Yayasan Lotus menyumbang APD, masker, dan hand sanitizer
Foto: Istimewa
Yayasan Lotus menyumbang APD, masker, dan hand sanitizer

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yayasan Lotus Kita (Lotus Kita) kembali menunjukkan kepeduliannya sekaligus ikut berpartisipasi mendukung langkah Pemerintah melawan dan mencegah penyebaran Novel Coronavirus (Covid 19). Lotus Kita menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD), masker dan hand sanitizer untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Rumah Sakit Bhayangkara Brimob Polri.

Bantuan diserahkan oleh Ketua Dewan Pembina Lotus Kita, Lely Pelitasari, kepada Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Brimob, Dr Taufik Ismail, di Jakarta, Kamis (9 April 2020).

Lely mengatakan kondisi saat ini sangat mengkhawatirkan dengan semakin meluasnya penyebaran virus di 212 negara/Kawasan. 

Dengan jumlah kasus terkonfirmasi mencapai 3,512 dengan 306 orang meninggal serta 282 orang sembuh per 10 April 2020 (Data Covid.go.id), Lotus Kita memandang perlu ikut berkontribusi untuk meringankan tugas pemerintah, dengan membantu nakes yang menjadi garda terdepan penanganan virus.

“Dampak penyebaran virus semakin masif. Salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan adalah mencegah penularan dengan melindungi diri dengan tetap di rumah, dan bila terpaksa beraktivitas ke luar rumah sebaiknya melengkapi diri dengan alat perlindungan yang memadai seperti masker dan hand sanitizer,” kata Lely dalam siaran persnya, Sabtu (11/4).

Lely Pelitasari juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah atas kebijakan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSSB) yang mulai diberlakukan hari ini. Lotus Kita berharap dengan pembatasan yang lebih luas tersebut, penyebaran virus dapat lebih terkendali dan cepat berakhir.

Ketua Yayasan Lotus Kita, Ilah Holilah, mengimbau masyarakat tetap menggunakan prinsip "saring sebelum sharing". "Mari kita manfaatkan kebijakan work from home dengan mengoptimalkan seluruh sumberdaya agar tetap produktif, namun dapat meminimalkan pergerakan keluar rumah,” kata Ilah.

Menurutnya, untuk meringankan beban pemerintah, masyarakat sebaiknya meningkatkan kewaspadaan namun tidak panik. Setiap warga masyarakat juga perlu terus mengikuti perkembangan informasi secara cerdas dan cermat.

Kepada manajemen, dokter dan seluruh paramedis yang bertugas di RS Bhayangkara, Ilah Holila menyampaikan ucapan terima kasih atas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat terkena Virus Corona.

"Lotus Kita bersyukur salah seorang keluarga besar kami yang sempat  dinyatakan positif dan dirawat di RS Bhayangkara, kini telah sembuh dan kembali ke rumah bersama keluarga," kata Ilah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement