Jumat 10 Apr 2020 23:56 WIB

Jumlah Pasien Positif Covid-19 di Madiun Bertambah 3 Orang

Satu dari 3 pasien positif covid-19 di Madiun telah dinyatakan sembuh

Petugas menertibkan pengendara yang tidak mengenakan masker untuk tidak memasuki kawasan Madiun. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, Jawa Timur, menyatakan jumlah pasien terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19 yang merupakan warganya bertambah dari satu menjadi tiga orang.
Foto: Antara/Siswowidodo
Petugas menertibkan pengendara yang tidak mengenakan masker untuk tidak memasuki kawasan Madiun. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, Jawa Timur, menyatakan jumlah pasien terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19 yang merupakan warganya bertambah dari satu menjadi tiga orang.

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, Jawa Timur, menyatakan jumlah pasien terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19 yang merupakan warganya bertambah dari satu menjadi tiga orang.

"Di Kabupaten Madiun hingga hari Jumat tanggal 10 April 2020, tercatat ada tiga pasien positif COVID-19. Sebelumnya ada satu, sekarang total ada tiga," ujar Bupati Madiun Ahmad Dawami saat menggelar konferensi pers di Pendopo Muda Graha Madiun, Jumat (10/4) malam.

Menurut dia, dari tiga pasien positif corona tersebut, pasien pertama asal Kecamatan Geger telah dinyatakan sembuh (negatif) dan sudah dipulangkan dari RSUD dr Soedono Madiun.

Sedangkan dua pasien tambahan lainnya adalah orang tanpa gejala (OTG) yang merupakan pasangan suami istri warga Kecamatan Kebonsari.

"Hasil penelusuran tim kami, pasien kedua ini diduga tertular dari pasien pertama. Mereka merupakan satu klaster (pelatihan haji di Surabaya). Sedangkan pasien ketiga merupakan istri dari pasien nomor dua," kata dia.

Atas tambahan kasus pasien positif COVID-19 tersebut, Bupati Ahmad Dawami meminta warga Kabupaten Madiun untuk bisa menjaga diri sediri dan keluaraga. Warga diminta untuk disiplin melakukan pencegahan penyebaran corona dengan rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

"Adanya ketiga pasien positif COVID-19 ini merupakan peringatan bagi kita semua, bahwa corona itu benar-benar ancaman dan harus dicegah. Corona itu bisa dicegah ketika semua masyarakat Kabupaten Madiun bersatu menanganinya dan disiplin. Baik disiplin mencuci tangan, displin pakai masker, dan jaga jarak," katanya.

Meski telah terjadi penambahan kasus positif corona, Bupati Ahmad Dawami belum menyatakan status kejadian luar biasa (KLB) COVID-19 di wilayah Kabupaten Madiun. Hal itu karena terdapat satu pasien di antaranya yang telah terkonversi negatif atau sembuh.

Pihaknya bersama tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Madiun terus melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran corona di wilayah setempat. Seperti, sosialisasi untuk meningkatan hidup bersih dan sehat, serta melakukan penyemprotan disnfektan ke tempat-tempat fasum.

Selain itu, pihaknya juga memantau para pemudik yang terlanjur pulang kampung meskipun telah ada larangan mudik. Pemkab juga menyediakan lokasi untuk karatina bagi pemudik, serta menginstruksikan semua kepala desa agar memberdayakan para penjahit di masing-masing desa untuk membuat masker guna mencukupi kebutuhan warga desanya.

"Dengan disiplin dari semua pihak, Insya Allah corona bisa dicegah di Kabupaten Madiun," katanya.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement