Selasa 10 Mar 2020 18:16 WIB

Kesigapan Depok Tangani Wabah Virus Corona Diapresiasi

Pemkot Depok dinilai punya pedoman untuk menanggulangi penyebaran corona.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Bayu Hermawan
Model tiga dimensi dari partikel virus SARS-CoV-2 virus atau dikenal sebagai 2019-nCoV. Virus tersebut adalah penyebab Covid-19 atau virus corona jenis baru.(EPA-EFE/NATIONAL INSTITUTES OF HEALTH )
Foto: EPA-EFE/NATIONAL INSTITUTES OF HEALTH
Model tiga dimensi dari partikel virus SARS-CoV-2 virus atau dikenal sebagai 2019-nCoV. Virus tersebut adalah penyebab Covid-19 atau virus corona jenis baru.(EPA-EFE/NATIONAL INSTITUTES OF HEALTH )

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Ketua Divisi Alergi Imunologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Samsuridjal Djauzi memberikan apresiasi terhadap upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam menanggulangi wabah virus corona atau Covid-19. Menurutnya, Pemkot Depok sudah punya pedoman penanggulangan dan pencegahan penyebaran virus, setelah dua warganya dinyatakan positif corona.

"Pemkot Depok sudah gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Upaya tersebut sudah maksimal," ujar Samsuridjal di Balai Kota Depok, Selasa (10/3).

Baca Juga

Samsuridjal menambahkan, Pemkot Depok sudah punya pedoman penanggulangan dan pencegahan penyebaran virus corona setelah dua warganya dinyatakan positif terjangkit. "Nah, itu tinggal bagaimana mengkomunikasikannya dengan masyarakat, sehingga mereka mendapatkan informasi yang baik," katanya.

Menurut Samsuridjal, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menunjuk satu tim untuk menangani virus Corona. Tim tersebut sudah mengeluarkan berbagai pedoman di bidang kesehatan, ekonomi, transportasi dan informasi.

"Pedoman itu yang dipakai untuk berbagai macam bidang. Jadi kita secara nasional menghadapi virus Corona dan Kota Depok merupakan bagian tersebut, akan mengikuti program nasional. Tetapi khusus masalah terkait dengan Kota Depok, Pemkot Depok sendiri yang akan mengatasinya," ucapnya.

Dia mengutarakan, virus Corona bukan saja masalah pemerintah. Sebab, ini masalah bersama baik pemerintah, masyarakat dan akademisi untuk bersama-sama menanggulanginya. Dan, Kota Depok beruntung karena banyak akademisi dan universitas yang bisa digunakan untuk banyak hal, terkait pegetahuan kesehatan sesuai dengan kebijakan.

"Misalnya di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RS UI) banyak fasilitas jika sekiranya dibutuhkan bisa dilakukan kerja sama. Karema Pemkot Depok punya RSUD Kota Depok mungkin juga RS lain," terang Samsuridjal.

Diharapkan dia, kepada masyarakat untuk menanggulangi Coronavirus, yng paling penting adalah membiasakan mencuci tangan dengan sabun, jika batuk pakai pelindung dan tidak berkumpul di keramaian kecuali ada urusan penting. "Membudayakan Germas untuk segala macam penyakit baik penyakit menular lama maupun penyakit kronik. Karena ada anjuran makan, olahraga, tidur cukup," pungkas Samsuridjal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement