Kamis 05 Mar 2020 05:05 WIB

Akan Ada 'Masjid Berjalan' di Olimpiade 2020

Menpora apresiasi rencana kehadiran mobil masjid di Olimpiade 2020.

Menpora Zainudin Amali menerima kunjungan Chairman Pandan College, Richardo Susilo, di kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (4/3).
Foto: @kemenpora_ri
Menpora Zainudin Amali menerima kunjungan Chairman Pandan College, Richardo Susilo, di kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (4/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, menyambut positif rencana kehadiran Mobile Mosque atau Mobil Masjid di pentas akbar Olimpiade 2020 Tokyo. Menpora menyampaikan apresiasinya saat menerima kunjungan Chairman Pandan College, Richardo Susilo, di kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (4/3).

''Kita berharap mulai Juni mendatang semua even Olimpiade berlangsung lancar dan tidak ada hambatan,'' kata Menpora, seperti dikutip dari situs Kemenpora, Rabu (4/3).

''Mobil Masjid ini bagus sekali, kami menyambut baik,'' katanya. ''Tetapi untuk teknisnya kontingen Indonesia terkait kebutuhan dan promosi, komunikasikan dengan CdM Kontingen Indonesia serta NOC.''

Menpora didampingi Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta. Sementara Richardo hadir bersama Ceo YASU Project Co.Ltd, Yasuharu Inoue dan Account Director YASU Project Co. Ltd, Ryota Nishikawa. YASU Project Co.Ltd yang akan mendesain mobil masjid. 

Mobil Masjid akan digunakan saat perhelatan Olimpiade 2020 pada Juli-Agustus mendatang. Bentuknya berupa sebuah truk yang didesain sedemikian rupa menjadi masjid portable. Masjid berjalan ini bisa digunakan untuk shalat 30 hingga 50 jamaah dan menggunakan teknologi canggih.

''Mobil masjid ini sudah menggunakan teknologi tercanggih di dunia. Salah satunya dari truk menjadi masjid berjalan hanya dalam 5 menit, sangat canggih,'' ujar Richardo. ''Sudah ada AC, tempat wudu yang airnya di-recycle, mobil masjid ini juga multi fungsi.''

Truk ini tidak hanya bisa disulap menjadi sebuah masjid. Menurut Richardo, truk tersebut juga bisa dimodifikasi menjadi camp, mobil kampanye, mobil panggung musik dan lain-lain.

"Dua tahun lalu, kami juga berpartisipasi di Asian Games Indonesia,'' kata Yasuharu. ''Semoga melalui Mobil Masjid ini, Jepang dan Indonesia bisa bekerjasama baik di bidang promosi dan bidang olahraga khususnya.''

 

sumber : kemenpora

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement