Kamis 27 Feb 2020 06:15 WIB

Bupati Bogor Kesal, Masjid Rp 21 Miliar Sudah Rusak

Masjid Agung Baitul Faidzin yang usianya satu tahun rusak pada bagian atap.

Bupati Bogor, Ade Yasin.
Foto: Istimewa
Bupati Bogor, Ade Yasin.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Bupati Bogor Ade Yasin mengaku kesal ketika mengetahui kabar bangunan Masjid Agung Baitul Faidzin di Komplek Pemda, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang usianya baru satu tahun rusak pada bagian atapnya. "Makanya saya nggak pernah mau meresmikan pembangunan Masjid Baitul Faidzin, kontraktornya juga abal-abal," ujarnya saat dihubungi, Rabu (26/2).

Pantauan wartawan di lokasi, plafon di ruang utama masjid nampak runtuh akibat sering terkena tetesan air hujan. Sebab sejak beberapa bulan lalu, bangunan masjid yang menelan APBD senilai Rp21 miliar itu mengalami kebocoran.

Baca Juga

Proyek pembangunan masjid tersebut dilelang pada tahun 2017 dengan pagu anggaran Rp 24,78 miliar. Kemudian dimenangkan oleh PT Multi Gapura Pembangunan Semesta dengan penawaran Rp21,8 miliar. Meski pembangunan konstruksinya sudah selesai pada akhir tahun 2017, tetapi Masjid Baitul Faidzin tak lantas bisa digunakan.

Sebab, pembangunan interior dan halaman luar atau lanskap baru di lakukan pada tahun 2018. Pemkab Bogor kembali menyiapkan anggaran Rp 2,71 miliar untuk interior masjid yang dimenangkan oleh PT Kolam Intan Prima dengan nilai penawaran Rp 2,63 miliar, dan menyiapkan Rp 1,76 miliar untuk pembangunan lansekap yang dimenangkan PR Trinaya Bersinal dengan penawaran Rp 1,62 miliar.

Selesainya pembangunan Masjid Baitul Faidzin hampir berbarengan dengan dilantiknya Ade Yasin-Iwan Setiawan dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bogor pada akhir 2018. Tapi, hingga awal 2019 Ade Yasin mengaku enggan meresmikan masjid yang hanya berjarak puluhan meter dari kantornya.

"Nggak tahu ya kapan diresmikan. Saya nggak berminat meresmikan. Karena saya nggak puas sama hasil pekerjaannya," kata Ade Yasin saat itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement