Sabtu 22 Feb 2020 20:00 WIB

YBM PLN Sumbar Bantu Pembangunan Masjid di Australia

Zakat yang dihimpul YBM PLN pada 2019 mencapai Rp 200 miliar.

Rep: Febrian fachri/ Red: Dwi Murdaningsih
Shalat di masjid (ilustrasi).
Foto: Thoudy Badai_Republika
Shalat di masjid (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG- Yayasan Baitul Mal PLN Sumatera Barat memberikan bantuan buat pembangunan masjid di Sidney Australia senilai Rp 150 juta. Bantuan ini diserahkan oleh Ketua YBM PLN Pusat, Hery Hasanuddin melalui Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno.

''Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi pembangunan masjid untuk saudara-saudara kita sesama Muslim di Sydney,'' kata Hery.

Baca Juga

Hery menjelaskan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN merupakan lembaga amil zakat yang mendapatkan mandat sebagai pengumpul dan pengelola zakat, infaq, dan shodaqoh pegawai PLN seluruh Indonesia. Nantinya uang yang terkumpul akan digunakan untuk berbagai macam kegiatan sosial dan pemberdayaan umat.

Pada hari yang sama, PLN juga memberikan bantuan beasiswa kepada seribu Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) yang tersebar di seluruh Indonesia. Hery menambahkan pada 2015, PLN mengumpulkan zakat sekitar Rp 10 miliar. Pada periode 2019, menurut Hery terjadi kenaikan jumlah zakat yang cukup signifikan. Yakni mencapai Rp 200 miliar.

''Alhamdulillah di tahuan 2019 ini zakat yang disalurkan mengalami peningkatan signifikan menjadi 200 miliar rupiah. Inilah yang kami manfaatkan untuk membantu dunia pendidikan. Pada tahun ini kami memberikan beasiswa kepada 1000 mahasiswa UIN yang tersebar di seluruh Indonesia,'' ucap Hery.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement