Selasa 11 Feb 2020 14:26 WIB

Diduga Telantar, Pasien Ini Meninggal di Selasar RSUD

Orang tua pasien mengamuk melihat anaknya tidak mendapatkan pertolongan.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Agus Yulianto
Ilustrasi.Meninggal dunia
Foto: antaranews
Ilustrasi.Meninggal dunia

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Pemprov Lampung akan melakukan pengecekan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Moeloek Lampung. Pengecekan terkait dengan meninggalnya pasien yang diduga terlantar di selasar rumah sakit.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung Fahrizal Darminto menyatakan, segera mengecek pihak RSUD Abdul Moeloek terhadap pemberitaan dan beredarnya video di media sosial terhadap pasien yang meninggal yang diduga terlantar.

Pemprov Lampung, ujar dia, akan mengutus tim khusus mendatangi RSUD Abdul Moeloek untuk memintai keterangan terkait meninggalnya Muhammad Rezki Mediansori (21 tahun), warga Desa Palas Pesemah, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung pada Senin (10/2) petang.

“Kami akan cek dulu ke rumah sakit bagaimana kronologisnya, untuk mengetahui benar tidaknya pasien tersebut diterlantarkan,” kata Fahrizal Darminto di Bandar Lampung, Selasa (11/2).

Menurut dia, bila nantinya hasil temuan tim menunjukkan terjadi kesalahan dari pihak rumah sakit, maka akan dilakukan catatan khusus kepada pihak terkait. Sebab, tegas dia, pasien yang berobat tidak boleh ditolak apalagi diterlantarkan, dan seharusnya diberikan pelayanan terbaik.

Pasien bernama Muhammad Rezki Mediansori, meninggal dunia diduga setelah terlantar di selasar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Moeloek Bandar Lampung, Senin (10/2). Orang tua pasien mengamuk melihat anaknya tidak mendapatkan pertolongan dari pihak rumah sakit.

Keterangan yang diperoleh dari pengunjung RSUD Abdul Moeloek Bandar Lampung, Selasa (11/2), pasien Rezki ditempatkan di selasar rumah sakit, dan belum mendapatkan perawatan dari dokter dan paramedis rumah sakit. Setelah mengetahui pasien tersebut meninggal, bapak pasien mengamuk dengan kejadian tersebut.

“Pasien BPJS meninggal terlantar di rumah sakit,” kata Fauzi, pengunjung yang menyaksikan pasien tersebut meninggal dan keluarganya mengamuk, karena tidak mendapatkan pelayanan dari rumah sakit.

Pasien tersebut dirujuk ke RSUD Abdul Moeloek dari Desa Palas Pasemah, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Sejak masuk ICU, pasien tersebut tidak masuk ruang perawatan. Namun, pasien dan keluarganya berada di selasar rumah sakit.

Menurut pengunjung, kejadian tersebut ramai setelah bapak dan ibu pasien Rezki berteriak dan berucap sekeras-kerasnya, namun tidak mendapatkan pelayanan kesehatan dari dokter dan perawat.

Video keluarga pasien yang mengamuk tersebut, beredar luas di media sosial sejak Senin petang. Dalam video tersebut, hanya tampak petugas keamanan rumah sakit, dan tidak tampak dokter dan perawat.

Pihak rumah sakit belum ada keterangan resmi kepada wartawan. Namun, Ombudsman Perwakilan Lampung meminta pihak RSUD Abdul Moeloek segera melakukan klarifikasi terkait pasien yang meninggal tersebut, yang diduga tidak mendapatkan pelayanan sebagai mana mestinya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement