Kamis 12 Oct 2023 20:31 WIB

KFA Gandeng Pemprov Lampung Luncurkan Program Warung Sehat

Peluncuran Warung Sehat menjadi kerja sama pertama kali dengan pemprov di Indonesia.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Erik Purnama Putra
Peluncuran Warung Sehat di Desa Raman Endra, Kecamatan Raman Utara, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung pada Kamis (12/10/2023).
Foto: Republika.co.id
Peluncuran Warung Sehat di Desa Raman Endra, Kecamatan Raman Utara, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung pada Kamis (12/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG TIMUR -- PT Kimia Farma Apotek (KFA) menggandeng Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung meluncurkan Warung Sehat dan program Aplikasi Sehat Berjaya di Desa Raman Endra, Kecamatan Raman Utara, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung pada Kamis (12/10/2023).

Warung Sehat yang diluncurkan adalah toko obat milik BUMDes yang bekerja sama dengan KFA. Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Direktur Evaluasi Perkembangan Desa Kemendagri, pejabat Kementerian Desa PDTT RI, Bupati Lampung Timur, dan jajaran direksi KFA ikut hadir.

Dibuat pula nota kesepahaman (MoU) untuk pengembangan gerai Warung Sehat di Provinsi Lampung serta kerja sama pengelolaan perbekalan kefarmasian antara KFA dan RSUD Abdul Moeloek. Direktur Utama KFA, Agus Chandra, menyampaikan, peluncuran Warung Sehat  bertujuan untuk perluasan jangkauan layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Selain itu juga, untuk pemberdayaan UMKM serta pemerataan layanan kesehatan. "Tujuan kami sebagai bagian dari BUMN holding farmasi adalah sesuai arahan dari Kementerian BUMN kami harus memberdayakan masyarakat dan melakukan pemerataan pelayanan kesehatan di manapun berada, supaya masyarakat Indonesia selalu sehat," kata Agus di lokasi.

Agus menerangkan, peluncuran Warung Sehat merupakan kerja sama yang pertama kali dengan pemprov di Indonesia. Dia berharap, program Warung Sehat bisa direplikasikan ke seluruh Indonesia. 

"Kami memilih Lampung sebagai launching yang pertama di Indonesia dan kami harapkan dapat menjadi percontohan bagi desa-desa yang ada di seluruh Indonesia," ucap Agus. 

Warung Sehat Binaan Kimia Farma tersebut juga terintegrasi dengan Link Sehat Berjaya milik Pemprov Lampung melalui Dinas PMDT dan Dinas Kesehatan. Link Sehat Berjaya merupakan layanan berbasis web yang disediakan Pemprov Lampung untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat desa di Provinsi Lampung. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement