Sabtu 08 Feb 2020 15:52 WIB

PDIP Segera Umumkan Calon Kepala Daerah Pilkada 2020

Semua balon kepala daerah yang masuk dalam penjaringan partai punya kesempatan sa

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Andi Nur Aminah
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyerahkan sepenuhnya keputusan calon kepala daerah yang akan diusung dalam Pilkada kepada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Hal tersebut juga berlaku bagi Medan dan Solo dimana keluarga Presiden Jokowi maju sebagai bakal calon kepala daerah.

"Kami akan putuskan dalam waktu dekat tapi itu adalah kewenangan dari Ibu Ketua Umum," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto melalui keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id di Jakarta, Sabtu (8/2).

Baca Juga

Hasto mengatakan, struktur kepengurusan partai hanya bertugas menyiapkan serta menyajikan peta politik kepada ketua umum. Kendati, dia memastikan bahwa demokrasi yang dibangun PDIP serta keputusan yang diambil Dewan Pengurus Pusat (DPP) akan berpaku pasa obyektifitas dan suara rakyat.

Artinya, dia mengatakan, semua bakal calon kepala daerah yang masuk dalam penjaringan partai memiliki kesempatan yang sama untuk diusung di kemudian hari. Dia mengatakan, berdasar pada demokrasi itu maka keputusan yang diambil ketua umum nantinya harus ditaati oleh seluruh kader dan anggota partai.

Secara khusus, dia mengungkapkan peluang bakal calon kepala daerah yang berada di Medan, Sumatra Utara. Dia mengatakan bahwa ada sejumlah nama bakal calon wali kota Medan yang mencuat.

Mantan sekretaris tim pemenangan Presiden Joko Widodo itu mengungkapkan, PDIP memiliki kader internal yakni Akhyar Nasution yang saat ini menjabat pelaksana tugas (Plt) Wali kota Medan. Sementara ada juga menantu Presiden Jokowi Bobby Nasution yang juga mendaftar, begitupun sejumlah tokoh lainnya.

Hasto mengatakan, yang jelas PDIP dan Megawati memahami bahwa Medan adalah ibu kota Sumatra Utara serta menjadi ikon provinsi tersebut. Menurutnya, masyarakat Sumatra Utara juga adalah warga yang berpikiran terbuka.

Melihat hal itu, dia mengatakan, maka PDIP akan mencari pemimpin yang betul-betul memberikan komitmen terhadap hal itu. Sekaligus, sambung dia, mampu mendorong Medan agar mampu mengalahkan kemajuan kota besar lain di Indonesia. "Selain itu, nanti setiap calon akan kami didik serta disiapkan melalui sekolah partai," kata Hasto lagi.

Seperti diketahui, Bobby Nasution juga telah mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota Medan melalui partai Golkar. Saat itu, Bobby datang ke DPD Golkar Medan didampingi pamannya Doli Sinomba Siregar. Dia diterima langsung Ketua DPD Golkar Medan M Syaf Lubis bersama sejumlah pengurus lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement