Sabtu 08 Feb 2020 02:30 WIB

Puan Sebut Peran Bung Karno di Balik Akmil Magelang

Bung Karno menulis Akmil Magelang kelanjutan dari AMN di Yogyakarta.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Teguh Firmansyah
Sejumlah taruna taruni mementaskan salah satu adegan drama kolosal berdirinya Akmil di lapangan Pancasila kompleks Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2/2020).
Foto: Antara/Anis Efizudin
Sejumlah taruna taruni mementaskan salah satu adegan drama kolosal berdirinya Akmil di lapangan Pancasila kompleks Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Puan Maharani menghadiri penandatanganan prasasti sekaligus peresmian patung Bung Karno di kompleks Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2). Menurut Puan keberadan Akmil Magelang tidak lepas dari peran Bung Karno sebagai presiden pertama RI.

 “Ada tulisan tangan Bung Karno yang menerangkan bahwa Akmil Magelang merupakan kelanjutan dari Akademi Militer Nasional (AMN) yang ada di Yogyakarta,” ungkap Puan dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Jumat.

Baca Juga

Cucu Bung Karno tersebut mengatakan, Akmil Magelang diresmikan Soekarno selaku Panglima Tertinggi Angkatan Perang RI pada tanggal 11 November 1957. Peran Soekarno dalam pembentukan akmil Magelang juga ditampilkan dalam bentuk sosiodrama oleh Taruna Akmil sebelum acara penandatanganan dan peresmian Patung Bung Karno.

"Jadi generasi sekarang harus tahu ada jejak dan peran Bung Karno di Akmil Magelang," ujarnya.

Peresmian itu juga dihadiri oleh Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kasad Jendral Andika Prakasa dan Gubernur Akmil Mayjen Dudung Abdurahman.

Peresmian Patung Bung Karno sekaligus penandatanganan prasasti dilakukan oleh Megawati Soekarnoputri yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Dihadapan taruna akmil, puan menyampaikan sejumlah pesan. "Dengan adanya patung ini, saya harap semua jajaran organisasi Akmil, berserta seluruh taruna dan taruni mengingat bahwa semangat awal didirikannya Akmil ini adalah untuk melahirkan perwira-perwira terbaik TNI Angkatan Darat," harapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement