Senin 13 Jan 2020 06:47 WIB

BPPT-Pemda Tangsel Kerja Sama Pasang Alat Peringatan Dini

Sebelumnya BPPT telah memasang sistem peringatan banjir di sejumlah daerah.

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Andi Nur Aminah
Aplikasi Peringatan Bencana Dini untuk Mitigasi Risiko Banjir, Flood Early Warning and Early Action System (FEWEAS) yang telah di launching (ilustrasi)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Aplikasi Peringatan Bencana Dini untuk Mitigasi Risiko Banjir, Flood Early Warning and Early Action System (FEWEAS) yang telah di launching (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BBPT) akan membantu pemerintah daerah Tangerang Selatan membuat sistem peringatan dini banjir atau flood early warning system (FEWS). Sebelumnya BPPT telah memasang sistem peringatan banjir di sejumlah daerah.

"Kami siap jika diminta kerja sama membuat sistem peringatan banjir dini oleh pemerintah daerah," ujar Kepala Bagian Pusat Teknologi Reduksi Risiko Bencana (PTRRB) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Tangsel, Nur Hidayat, Ahad (12/1).

Baca Juga

Nur Hidayat mengungkapkan alat automatic water level recorder (AWLR) yang dimiliki Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bukan sistem peringatan dini banjir. AWLR tersebut merupakan alat penunjang kinerja DPU Kota Tangsel. "Di Kota Tangsel belum ada alat peringatan dini banjir. Yang ada, hanya alat pengukuran ketinggian air," kata dia.

Dinas PU Kota Tangsel memiliki 11 alat AWLR yang dipasang di 11 lokasi berbeda. Fungsinya buat pengerukan sungai, pembuatan tanggul, pengerukan drainase dan lainnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang Selatan Aries Kurniawan mengatakan akan mengoptimalkan 11 alat AWLR yang berfungsi buat pengukuran ketinggian air. Alat dikelola Bidang Sumber Daya Air Dinas PU Kota Tangerang. "Karena memang hal itu bukan tupoksi kami, tapi di instansi lain," kata dia.

Di samping itu, Pemerintah Kota Tangsel memiliki 11 alat EWS, untuk lokasi-lokasinya, terletak di Sungai Kedaung Bukit Pamulang Indah (BPI), Sungai Kedaung Pamulang Indah MA. Kemudian, di Sungai Ciputat SMAN 05, Sungai Ciputat Taman Mangu, Sungai Cibenda Hulu, Sungai Cibenda Hilir, Sungai Ciputat Japos, Sungai Serua Hulu, Sungai Serua Hilir, Sungai Ciputat Hulu dan Sungai Cantiga.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement