Jumat 10 Jan 2020 16:27 WIB

Jokowi Temani Megawati Datangi Rakernas I PDIP

Rakernas I PDIP digelar di Jakarta mulai Jumat hari ini hingga Ahad lusa.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ratna Puspita
Rakernas I PDI Perjuangan di Jakarta.
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Rakernas I PDI Perjuangan di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Jumat (10/1) hari ini. Rakernas I bakal digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, mulai hari ini hingga Ahad (12/1) lusa.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, Jokowi datang bersama dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Mereka tida di JIExpo sekitar pukul 14.15 WIB.

Baca Juga

Jokowi juga tiba ditemani Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Mereka masuk ke ruangan Rakernas I bersamaan dengan Ketua DPP PDIP bidang Politik Puan Maharani dan Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo. Begitu juga dengan Wakil Presiden RI Ke-12 Jusuf Kalla.

Mereka lantas segera menempati kursi terdepan yang telah disediakan panitia Rakernas I. Kegiatan tahunan partai berlogo banteng moncong putih itu akan membahas tiga isu utama, soal ilmu pengetahuan, industri rempah dan lingkungan hidup. 

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partai menginginkan industri berbasis riset dan inovasi masuk dalam Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Hal itu penting untuk membangun kesejahteraan negara secara komprehensif tanpa menghilangkan identitas bangsa. 

"Hal-hal strategis terkait dengan haluan negara melalui kebijakan strategi yang dijalankan dengan semangat berdiri di atas kaki sendiri atau berdikari," kata Hasto Kristiyanto.

Rakernas juga dihadiri sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju, seperti Menteri BUMN Erick Thohir. Kegiatan juga dihadiri oleh Ketua Wantimpres Wiranto serta Ketua Umum sejumlah partai politik seperti Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Muhamadiyah Din Syamsudin hingga Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Rakernas I PDIP yang dihadiri sekitar 4.371 peserta itu mengangkat tema "Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional". Rakernas juga mengambil sub tema "Strategi Jalur Rempah dalam Lima Prioritas Industri Nasional untuk Mewujudkan Indonesia Berdikari".

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement